Info buka dan tutup jalur pendakian gunung di Indonesia - update harian

Info Buka dan Tutup Jalur Pendakian Gunung | Update Harian

Update Terakhir: Selasa, 26 Mei 2020

Pada waktu-waktu tertentu di sepanjang tahun, selalu ada beberapa jalur pendakian gunung yang ditutup sementara. Penutupan pendakian ini bukan lah tanpa tujuan. Kondisi alam seperti cuaca ekstrem, badai, angin puting-beliung, peningkatan aktivitas vulkanik atau erupsi, dan tujuan pemulihan ekosistem serta perbaikan fasilitas pendukung di jalur pendakian seringkali menjadi penyebab dilakukannya penutupan gunung tertentu untuk sementara. Khususnya pada saat ini, sedang terjadinya pandemi virus corona (COVID-19) membuat hampir seluruh jalur pendakian gunung ditutup.

Untuk Sobat Penjelajah yang akan merencanakan pendakian gunung, penting untuk mengetahui informasi jadwal buka dan tutup jalur pendakian gunung yang akan kamu daki sebelum kamu datang langsung ke lokasi. Banyak Sobat Penjelajah yang mengirimkan pesan kepada kami baik di Instagram (@penjelajahcom) maupun channel media sosial Penjelajah yang lainnya yaitu tentang jalur pendakian gunung apa saja yang dibuka setelah lebaran?

Berikut adalah informasi status buka dan tutup pendakian gunung-gunung di Indonesia yang dirangkum oleh Penjelajah dari berbagai sumber, khususnya untuk info buka – tutup gunung tahun 2020 yang telah updated. Informasi dipantau dan update setiap hari.

 
 
 

Jika kamu punya info buka – tutup gunung yang lebih updated atau keterangan lebih jelas, tulis di kolom komentar ya, Sobat Penjelajah! Semoga daftar info buka – tutup jalur pendakian gunung ini dapat berguna bagi semua petualang di Indonesia. Selain itu kamu juga bisa berkontribusi melalui tulisan dengan menjadi kontributor Penjelajah, mulai dari tulisan mengenai berita terbaru seputar, destinasi, dan catatan perjalanan. Kamu bisa juga membuat dan memulai topik diskusi di Forum Penjelajah, atas apapun yang kamu temui di lapangan selama petualangan yang kamu lakukan untuk dapat jadi diskusi bahkan menjadi gerakan bersama. Yuk, registrasi dan menjadi bagian dari Komunitas Penjelajah! 

Selain itu, kamu juga dapat berbelanja di Penjelajah Shop dan membeli perlengkapan terkait petualangan kamu. Meskipun saat ini Penjelajah Shop masih dalam pengembangan sehingga item yang dijual masih terbatas, kamu masih dapat berbelanja beberapa item yang tersedia seperti masker kain, kemeja lapangan, jaket outdoor, topi rimba, dan lain-lain. Pantau terus hingga tersedia outdoor gear yang kamu cari yaaa.

 
 
 
 

Artikel Terkait Pendakian Gunung

Loading...

42 Replies to “Info Buka dan Tutup Jalur Pendakian Gunung | Update Harian”

    1. Untuk jalur Guntur via Cikahuripan barusan kami dapat infonya sudah ditutup Sob. Untuk jalur lainnya kami belum dapat info yang valid dari lapangan 😀
      Kalau ada info, langsung kami update yaa…

  1. Permi mau nanya
    Keadaan pandemik kaya gini setelah lebaran boleh muncak ngga yh
    Dan gunung Merbabu bukak ngga?
    Mohon bantuannya

    1. Halo.. Kondisi pandemi COVID-19 ini hampir seluruh jalur pendakian gunung dan Taman Nasional ditutup nih. Merbabu juga masih belum dibuka, belum ada pengumuman atau tanda-tanda akan dibuka. Mudah-mudahan segera dibuka ya.. Kami akan update terus, ikutin aja infonya ya.

      Sebaiknya tunda dulu rencana muncak abis lebarannya, daripada sedih diminta balik lagi 🙁

    1. Maaf Sob, Mimin Penjelajah baru aktif kembali setelah hibernasi beberapa waktu. Sekarang info buka-tutup gunungnya udah update kembali per hari ini yaa Sob 🙂
      Silakan dilihat langsung infonya yaa.
      Melihat perkembangan saat ini, sepertinya masih akan ditutup deh Sob.

      1. Maaf Sob, Mimin Penjelajah baru aktif kembali setelah hibernasi beberapa waktu. Sekarang info buka-tutup gunungnya udah update kembali per hari ini yaa Sob 🙂
        Silakan dilihat langsung infonya yaa

Tulis komentar