Info buka dan tutup jalur pendakian gunung di Indonesia - update harian

Info Buka dan Tutup Jalur Pendakian Gunung | Update Harian

Update Terakhir: Senin, 18 Januari 2021
 

 

Pada waktu-waktu tertentu di sepanjang tahun, selalu ada beberapa jalur pendakian gunung yang ditutup sementara. Penutupan pendakian ini bukan lah tanpa tujuan. Kondisi alam seperti cuaca ekstrem, badai, angin puting-beliung, peningkatan aktivitas vulkanik atau erupsi, dan tujuan pemulihan ekosistem serta perbaikan fasilitas pendukung di jalur pendakian seringkali menjadi penyebab dilakukannya penutupan gunung tertentu untuk sementara. Khususnya pada saat ini, sedang terjadinya pandemi virus corona (COVID-19) dengan kebijakan pemerintah yang diterapkan cukup dinamis dan adaptif dengan perkembangan kondisi kasus COVID-19 yang terjadi sehingga membuat jalur pendakian gunung dapat sewaktu-waktu ditutup atau dibuka.

Untuk Sobat Penjelajah yang akan merencanakan pendakian gunung, penting untuk mengetahui informasi jadwal buka dan tutup jalur pendakian gunung yang akan kamu daki sebelum kamu datang langsung ke lokasi. Banyak Sobat Penjelajah yang mengirimkan pesan kepada kami baik di Instagram (@penjelajahcom) maupun channel media sosial Penjelajah lainnya menanyakan info tentang daftar gunung yang dibuka setelah pemberlakuan adaptasi kebiasaan baru (AKB) ini.

Berikut ini adalah informasi status buka dan tutup pendakian gunung-gunung di Indonesia yang dirangkum oleh Penjelajah dari berbagai sumber, khususnya untuk info buka – tutup gunung tahun 2021 yang terbaru. Informasi dipantau dan update setiap hari.

Desain foto utama oleh: Margie Salam

Informasi dikumpulkan dari beberapa sumber yang valid.

Kepada rekan-rekan media dipersilakan menyadur informasi dari Penjelajah dan tidak diharuskan untuk menyertakan atribusi. Namun jika Anda berkenan memberikan atribusi bagi Penjelajah di artikel Anda, hal ini akan sangat berarti bagi kami untuk terus dapat menyajikan konten yang berkualitas.


 
 
 
 

Jika kamu punya info buka – tutup gunung yang lebih updated atau keterangan lebih jelas, tulis di kolom komentar ya, Sobat Penjelajah! Semoga daftar info buka – tutup jalur pendakian gunung ini dapat berguna bagi semua petualang di Indonesia. Selain itu kamu juga bisa berbagi pengalaman dan inspirasi dengan menulis catatan perjalanan kamu di Penjelajah. Yuk registrasi sekarang, lalu lengkapi halaman profil kamu dan jadilah bagian dari media sosial baru para petualang! 

Selain itu, kamu juga dapat berbelanja di Penjelajah Shop dan membeli perlengkapan terkait petualangan kamu. Meskipun saat ini Penjelajah Shop masih dalam pengembangan sehingga item yang dijual masih terbatas, kamu masih dapat berbelanja beberapa item yang tersedia seperti masker kain, kemeja lapangan, jaket outdoor, topi rimba, dan lain-lain. Pantau terus hingga tersedia outdoor gear yang kamu cari ya!

 
Penjelajah Outdoor Face Masks - Dapatkan Masker Penjelajah di Tokopedia
Penjelajah Outdoor Face Masks for Active Wear: Masker 2 Lapis (2-Ply) atau 3 Lapis (3-Ply) yang memberikan perlindungan bagi kamu yang aktif. Dilengkapi dengan adjustable head loop strap + buckle, membuat masker tidak longgar dan tak mudah lepas saat aktif bergerak. Dapatkan beberapa model dan variasinya di Tokopedia sekarang, stok terbatas!
 

Artikel Terkait Pendakian Gunung:

 
 
Subscribe
Notify of
guest
173 Comments
Newest
Oldest
Inline Feedbacks
View all comments