Rafting dengan suasana air terjun di Sungai Pekalen, Probolinggo

5 Destinasi Rafting Seru di Indonesia dengan Alam yang Asri

Whitewater Rafting atau arung jeram sudah sangat dikenal sebagai salah satu olahraga ekstrim sekaligus aktivitas wisata yang menyenangkan. Kamu membutuhkan perahu karet, dayung, pelampung, dan nyali yang cukup untuk merasakan sensasi serunya arus sungai yang deras, dipadu dengan pemandangan alam bebas yang menawan.

Nah, untuk kamu penggiat olahraga rafting atau pun pemula yang baru ingin mencoba kegiatan arung jeram, di Indonesia ada banyak destinasi sungai berarus deras yang dapat diarungi untuk rafting. Tidak sedikit pula sungai-sungai tersebut memiliki air yang jernih dan kondisi alam sekitar yang asri. Berikut Penjelajah sajikan ulasan 5 destinasi rafting seru di Indonesia dengan alam yang asri. Cekidot, Sob!

5 Destinasi Sungai Arus Deras dengan Kondisi Alam yang Asri
1. Sungai Cikandang, Garut, Jawa Barat
Rafting di Sungai Cikandang, Garut
Rafting di Sungai Cikandang, Garut

Foto: detikTravel, Muchlis Suharto

Ada beberapa sungai yang dapat diarungi untuk rafting di Garut, salah satu yang terbaik yaitu Sungai Cikandang. Selain memiliki arus sungai yang deras menantang, jernihnya air sungai dan pemandangan alam di sekitar sungai Cikandang yang asri mampu menghipnotis siapa saja yang mengunjunginya. Memiliki panjang sungai sekitar 28 km, kamu butuh waktu yang cukup lama untuk mengarungi sungai tersebut, yakni sekitar 7-8 jam mulai dari titik start di Desa Sukamulya, Kecamatan Pakenjeng, hingga finish di Pantai Selatan.

Jika tertarik, kamu perlu mengatur rencana pengarungan terlebih dahulu sebelum datang ke tempat ini, yaitu dengan menghubungi operator arung jeram yang memiliki paket rafting Cikandang. Selanjutnya, pada waktu yang disepakati, operator biasanya akan membawa kamu ke titik start pengarungan yaitu Desa Sukamulya, Pakenjeng, Garut. Harga paket rafting Cikandang bervariasi antara Rp. 600.000 – 850.000 per orang.

2. Sungai Pekalen, Probolinggo, Jawa Timur
Rafting dengan suasana air terjun di Sungai Pekalen, Probolinggo
Rafting dengan suasana air terjun di Sungai Pekalen, Probolinggo

Di Jawa Timur juga ada lokasi rafting menantang yang juga sangat seru dan menarik untuk kamu coba, yakni sungai Pekalen di Probolinggo. Sungai tersebut hanya berjarak sekitar 125 km dari kota Surabaya, tepatnya berlokasi di Desa Ranu Gedang, Tiris, Probolinggo. Di sungai Pekalen terdapat tiga segmen sungai yang biasa diarungi yaitu Jalur Pekalen Atas, Jalur Pekalen Tengah, dan Jalur Pekalen Bawah.

Jalur Pekalen Atas lebih direkomendasikan untuk kamu yang telah berpengalaman atau dikategorikan sebagai profesional di bidang olahraga arus deras. Sebab tingkat kesulitan di jalur ini termasuk tinggi dan cukup ekstrem. Untuk kamu para pemula tak perlu khawatir, sebab Jalur Bawah memiliki tingkat kesulitan yang rendah atau mudah. Operator arung jeram di sini menawarkan harga paket rafting Pekalen berkisar dari Rp. 225.000 hingga Rp. 700.000 per orang.

3. Sungai Nimanga, Minahasa, Sulawesi Utara
Rafting di Sungai Nimanga, Minahasa, Sulawesi Utara
Rafting di Sungai Nimanga, Minahasa, Sulawesi Utara

Foto: goodnewsfromindonesia.id, Akhyari Hananto

Sungai yang dapat dicapai sekitar 30 menit berkendara dari Kota Manado ini terletak di Desa Timbukar, Sonder, Kabupaten Minahasa. Butuh waktu sekitar 2,5 jam rafting melalui jalur pengarungan sepanjang 12 km di sungai yang indah ini.

Salah satu hal unik rafting di Sungai Nimanga ini adalah alam sekitar sungainya yang merupakan hutan yang terjaga keasriannya. Tak jarang akan terdengar suara hewan liar sahut-menyahut seperti monyet, beberapa jenis burung, dan tarsius. Bahkan keberadaan ular yang melilit di dahan pohon di pinggir sungai adalah hal biasa!

Tak perlu khawatir, sebab selama kamu ditemani oleh pemandu/skipper profesional dan mematuhi prosedur keselamatan saat rafting di sungai tersebut, resiko dapat dikelola dengan baik dan aman. Operator rafting setempat menawarkan harga paket rafting Nimanga mulai dari Rp. 175.000 hingga Rp. 500.000.

4. Sungai Telaga Waja, Karangasem, Bali
Rafting di Sungai Telaga Waja, Bali
Rafting di Sungai Telaga Waja, Bali

Foto: krisnabalitravel.com

Untuk kamu rafters yang sedang liburan ke Bali, bisa sekalian arung jeram di sungai terpanjang di Pulau Bali ini, Sungai Telaga Waja. Sungai ini adalah salah satu sungai terbaik dan terindah di Bali. Memiliki panjang jalur pengarungan sekitar 16 km, arung jeram di sini membutuhkan waktu tempuh sekitar 5 jam.

Tidak hanya memiliki arus deras, air sungainya juga jernih dan memiliki pemandangan alam sekitar sungai yang hijau serta rindang. Sungai Telaga Waja termasuk sungai yang disucikan oleh pemeluk agama Hindu di Bali. Air sungai ini biasa diambil untuk keperluan upacara keagamaan di Kecamatan Rendang dan Kecamatan Selat.

Untuk kamu pemula yang ingin arung jeram disini, kamu perlu menyiapkan budget sekitar Rp. 325.000 hingga Rp. 800.000 tergantung paket rafting Telaga Waja dan operator yang kamu pilih.

5. Sungai Alas, Aceh
Keasrian Alam di Sungai Alas, Aceh
Keasrian Alam di Sungai Alas, Aceh

Foto: steemkr.com, Nauval

Rafter profesional pasti kenal dengan sungai Alas, dan selalu menjadi keinginan bagi tiap penggiat arung jeram untuk dapat mengarungi sungai Alas. Bagaimana tidak, destinasi sungai yang berada di dalam Taman Nasional Gunung Leuser, terkenal memiliki tingkat kesulitan yang sangat bervariasi, dari yang mudah hingga paling ekstrem. Selain itu, sungai Alas juga memiliki keindahan alam yang kaya khas taman nasional.

Rafting di Sungai Alas, Aceh
Rafting di Sungai Alas, Aceh

Foto: steemkr.com, Nauval

Butuh sekitar 14 jam berkendara dari Banda Aceh untuk sampai ke titik start pengarungan Sungai Alas. Bagi rafter pemula, pengarungan dapat dilakukan mulai titik Muarasitulan di Kota Kutacane hingga Kota Gelombang. Sedangkan bagi rafter senior atau profesional, bisa memulai dari titik yang lebih hulu yaitu Angusan, dekat dengan Blangkejeran. Beberapa ekspedisi arung jeram juga pernah dilakukan oleh penggiat olahraga arus deras di beberapa titik atau jalur baru yang ekstrem.

 

Demikian informasi tentang 5 destinasi rafting seru di Indonesia dengan kondisi air sungai dan alam yang asri. Jika kamu punya update atau informasi mengenai kondisi dan harga-harga paket rafting terkini dari destinasi sungai di atas, mohon tambahkan di kolom komentar ya, Sobat Penjelajah!

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Newest
Oldest
Inline Feedbacks
View all comments