Game android "Survive - Wilderness Survival", layar permainan saat survivor dalam keadaan terluka

Survive – Wilderness Survival: Game Android Survival di Alam

Situasi saat ini yang sedang tidak baik untuk traveling, bahkan sudah tergolong terlarang dikarenakan wabah virus corona (COVID-19) ini, membuat Sobat Penjelajah yang hobi berpetualang harus tetap berdiam diri di rumah. Stay at home lebih baik memang, bukan hanya untuk diri kita sendiri, namun juga untuk kebaikan keluarga dan masyarakat luas. Agar tidak boring ketika di rumah dan bisa terus melatih skill di bidang penjelajahan alam bebas, kamu dapat melakukan beberapa hal seperti membaca buku, menonton video, atau memainkan game simulasi terkait teknik – teknik dalam petualangan. Berikut Penjelajah ulas salah satu game Android yang sangat bermanfaat untuk kamu, namanya “Survive – Wilderness Survival“, sebuah game simulasi bertahan hidup (survival) di alam bebas. Simak ulasan berikut.

 
Game Simulasi Bertahan Hidup di Alam Bebas
 
Game Android simulasi bertahan hidup di alam bebas (survival)
Game Android simulasi bertahan hidup di alam bebas (survival)

Kamu yang mengaku gamer pasti sudah mencoba berbagai game yang ada di pasaran. Nah, bagi kamu yang penggemar game survival, ada satu lagi game android simulasi yang menarik untuk kamu coba, yaitu Survive – Wilderness Survival (SWS). Sesuai namanya, game ini memang mengusung tema survival sebagai tema utamanya. Kamu akan diajak merasakan bagaimana serunya berada dalam kondisi survival di alam bebas.

Secara umum, SWS cukup mirip dengan Oregon Trail. Namun tentu saja ada perbedaan di antara keduanya. Saat memainkan SWS kamu tidak dapat langsung membeli item sejak awal permainan. Selain itu, kamu harus memulai permainan seorang diri, dan tidak ada kota untuk mengisi ulang perlengkapan. Secara umum, game ini memang cukup seru untuk kamu yang menyukai tantangan penuh.

 
Tampilan Visual Game “Survive – Wilderness Survival

Secara visual, SWS memang dibuat dengan tampilan visual yang sangat sederhana. Kalau kamu menyukai game yang simple dan praktis, kamu akan menyukai game SWS ini. Warna yang digunakan pun bisa dibilang lebih banyak menggunakan warna monokrom. Meski begitu, latar belakangnya akan berubah sesuai dengan lokasi, waktu, kondisi tubuh, dan topologi yang sedang kamu lewati.

 
Tips Dalam Bermain

Ada beberapa game tips yang bisa kamu jadikan pegangan awal saat memulai permainan di SWS. Berikut di antaranya:

#1 Perhatikan dan Pilih Suplai yang Tepat

Seperti kebanyakan game survival, SWS dimulai dengan dua hal. Yaitu suplai yang kamu punya dan kondisi sekitarmu. Perhatikan dua hal ini sejak awal permainan. Cek kondisi suplai makanan dan air yang kamu miliki. Jangan lupa juga perhatikan peralatan apa saja yang kamu punya.

Sebelum game dimulai, pastikan kamu telah memilih dua suplai tambahan dalam perlengkapanmu. Kalau kamu lupa memilih bagian ini, maka sistem akan memilihnya secara random. Sayangnya, pilihan dari sistem tidak selalu yang terbaik. Sebagai saran, kamu bisa menjadikan outdoor knife dan heat pack / paracord bracelet sebagai pilihan. Dua benda ini akan sangat bermanfaat nantinya.

#2 Perhatikan Kondisi Suhu Tubuh (Heat Index) dan Perbekalan Air Minum
Inventory dalam game "Survive - Wilderness Survival"
Inventory dalam game “Survive – Wilderness Survival”

Kamu bisa saja bertahan beberapa hari tanpa makanan, tapi tidak dengan air dan udara dingin. Perhatikan dua hal ini. Termasuk saat kamu sedang menjalankan misi. Akan lebih baik kalua kamu menunda misi sejenak untuk menghangatkan badan atau menambah cadangan air daripada terburu – buru menyelesaikan misi dengan gegabah.

Untuk heat index, pastikan kamu mengumpulkan kayu sebanyak yang kamu bisa di siang hari. Membangun shelter dan membuat api unggun adalah yang terpenting agar heat index tetap terjaga. Untuk berjaga – jaga, kamu juga bisa membuat jebakan (trap) untuk mendapatkan hewan buruan dan sebagai pengamanan ketika sedang tidur.

Ada dua cara membuat api yang bisa kamu coba. Yang pertama dengan menggunakan magnesium fire starter, butane lighter, atau korek. Yang kedua dengan menggunakan fire plow atau bow drill. Tapi fire plow adalah yang termudah dan terbaik. Karena bahan lainnya cenderung terbatas untuk didapatkan.

Dan untuk mendapatkan air, kamu bisa membuat rain-catcher. Cara ini adalah cara paling cepat dan aman untuk dilakukan. Tapi jarang dilakukan di mountain range mode. Namun, jika kamu berada tidak jauh dari semacam air terjun, hal ini lebih baik. Karena artinya, kamu memiliki suplai air yang tidak terbatas. Pastikan kamu memasaknya dulu sebelum diminum. Jika tidak, kamu bisa terkena diare dan malah akan tewas.

Game "Survive - Wilderness Survival" - tampilan ketika membuat shelter dan beristirahat
Game “Survive – Wilderness Survival” – tampilan ketika membuat shelter dan beristirahat

Cara ketiga adalah mendapatkan air dari danau. Kamu bisa menemukan danau dengan mengeksplorasi satu daerah. Namun, kamu hanya bisa mengisi satu botol saja dengan cara ini. Meski tetap saja opsi ini lebih baik daripada tidak memiliki persediaan sama sekali. Dan perhatikan juga untuk memasak air danaunya terlebih dahulu sebelum diminum.

 
Tips Lainnya Dalam Game

Selain tips yang telah disebutkan, ada tips lain yang juga perlu kamu perhatikan saat bermain SWS.

#1 Bait

Kalau kamu menemukan jamur, serangga, atau hal semacam itu yang menurutmu meragukan, jangan memakannya. Sebagai gantinya, kamu bisa menjadikan item tersebut sebagai umpan.

#2 Fishing vs Spearfishing

Ada dua cara mendapatkan ikan yang bisa kamu gunakan, yaitu memancing (fishing) dan menombak ikan (spearfishing). Namun, selama masih bisa dilakukan dengan cara fishing, maka lakukan lah. Fishing biasanya mendatangkan ikan – ikan besar. Sementara hasil Spearfishing cenderung hanya mendapatkan ikan – ikan kecil.

#3 Crafting

Kalau kamu tidak memiliki knife, tapi memiliki bones atau can lid, segera buat sebuah none knife atau can knife dengan cara crafting. Item ini akan sangat membantu kamu dalam berbagai hal di permainan ini. Akan lebih baik juga kalau kamu membuat fire drill sejak awal game.

Crafting untuk bertahan hidup dalam game “Survive – Wilderness Survival”
 

Nah, itulah beberapa ulasan dan tips untuk game Survive – Wilderness Survival. Kamu bisa memainkan game ini dengan mengunduhnya lebih dulu di Google Play. Secara umum, game ini adalah game yang cukup sederhana, tapi seru dan menyenangkan untuk dimainkan dalam waktu lama. Selamat mencoba!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments