Travel blogger menulis online di alam terbuka

Tips Menulis Catatan Perjalanan yang Keren

Sesuai namanya, catatan perjalanan adalah catatan berisikan tentang pengalaman perjalanan yang telah dilakukan seseorang. Biasanya, catatan perjalanan ini dibuat untuk mendokumentasikan pengalaman, kesan, serta saran bagi kamu yang akan melakukan hal yang sama.

Nah catatan perjalanan ini sangat menguntungkan loh untuk mendokumentasikan perjalananmu! Selain bisa menjadi koleksi ceritamu, catatan perjalanan juga bisa menjadi konten yang inspiratif bagi para penjelajah atau traveler. Nah, bagi kamu yang mau mencoba membuat catatan perjalanan yang keren, kamu bisa mengikuti beberapa tips yang Penjelajah coba ulas berikut ini.

1. Amati Sekelilingmu

Saat sedang dalam perjalanan, cobalah untuk lebih peka dengan lingkungan sekelilingmu. Perhatikan hal – hal kecil yang kamu temukan sepanjang perjalanan. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi kamu untuk kembali merasakan suasana perjalananmu kala itu. Bagaimana orang berlalu-lalang, bagaimana aktivitas warga di daerah tersebut, ada apa saja disana, dan lainnya. Jangan lupa mencatat kata-kata kunci yang terpikir oleh kamu selama mencari ide. Kata-kata kunci ini dapat kamu kembangkan lebih lanjut saat kamu menyusun tulisan.

Jadi, ketika kamu sedang berpergian atau memutuskan akan menulis catatan perjalanan, sebaiknya simpan dulu ponselmu lalu berbaur lah dengan keramaian sekitar. Ini pun bisa membantu menambah asiknya ceritamu.

2. Perbanyak Berjalan Kaki

Ketika kamu sedang berliburan atau melakukan perjalanan, usahakanlah untuk memperbanyak berjalan kaki. Karena selain bagus untuk kesehatan, kamu juga bisa meneliti sekitarmu, merasakan keramaian dan mungkin kamu juga akan menemukan inspirasi untuk menulis catatan perjalananmu.

3. Berkunjung ke Tempat yang Jarang Dikunjungi

Dengan berkunjung ke tempat yang jarang dikunjungi juga bisa membuat catatan perjalananmu keren dan menarik. Selain bisa memperkenalkan daerah baru, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman baru yang belum pernah orang lain rasakan.

4. Catat Hal-Hal yang Membuatmu Tertarik

Nah, tips yang satu ini bisa dibilang sebagai tips yang paling penting. Karena catatan inilah yang akan membantu kamu bercerita dan mengingat hal-hal kecil. Kamu bisa mencatatnya di buku, ponsel, atau bahkan jika kamu mau, kamu juga bisa membuatnya dalam video singkat.

5. Dokumentasikan Pemandangan Di Sekitarmu

Hal ini juga dapat membantu melengkapi catatan perjalanan kamu, dengan menyelipkan foto kamu juga dapat mengajak pembaca untuk merasakan suasana yang kamu rasakan. Rekam juga secuplik video, tapi jangan lupa untuk menikmati moment!

6. Disiplin Dalam Mencatat

Ketika sedang asik berliburan atau melakukan perjalanan kamu pasti hanya ingin menikmati perjalanannya tanpa diganggu oleh hal lain. Oleh karena itu, kedisiplinan dalam mencatat harus disadari agar pembuatan catatan tidak terhambat dikarenakan lupa. Setidaknya, usahakan kamu mencatat tempat mana saja yang kamu datangi pada hari itu dan juga kesan yang kamu rasakan saat berkunjung.

7. Mengelompokkan Cerita

Nah, jika catatanmu sudah lengkap, maka saatnya menulis. Sebelum mulai menulis ada baiknya kamu mengelompokkan ceritamu dalam beberapa kelompok. Bisa dikelompokan berdasarkan tempat, waktu, ataupun tanggal. Pengelompokan ini bertujuan agar alur cerita kamu jelas dan tidak kemana-mana.

8. Pikirkan Lagi Apa yang Sudah Kamu Alami

Dengan memikirkan atau merenungkan hal yang baru saja kamu alami, kamu bisa menemukan sudut pandang serta gagasan untuk ceritamu. Merenung juga bisa membantu kamu memilih pengalaman mana yang paling berkesan untuk dimasukan ke dalam cerita. Saat mengembangkan tulisan, lihat lagi kata-kata kunci yang kamu catat sebelumnya, itu akan sangat membantu kamu dalam menguraikan isi kepala.

9. Tambahkan Kalimat Langsung

Kadang kala, saat kamu travelling, kamu bisa saja bercakap – cakap dengan warga sekitar dan menemukan ungkapan yang menarik. Tuliskan ungkapan tersebut dengan kalimat langsung. Dengan menambahkan kalimat langsung atau kutipan di dalam cerita perjalananmu, kamu dapat membuat pembaca ikut merasakan dan ikut hanyut dalam kejadian pada saat itu.

10. Tulis dan Posting Catatan Perjalanan di Penjelajah

Setelah kamu menulis catatan perjalanan kamu, maka saatnya berbagi inspirasi dengan orang lain! Posting catatan perjalananmu di Penjelajah. Melalui posting catatan perjalanan kamu, orang-orang akan sangat terbantu dengan tips dan panduan yang kamu jelaskan. Personal branding kamu sebagai traveler dan petualang profesional juga dapat dikembangkan dengan baik. Kamu dapat memposting catatan perjalanan atau cerita kamu pada link halaman di bawah ini.

 

Nah, itu dia beberapa tips agar catatan perjalananmu terlihat keren, semoga tips-tips di atas dapat membantu. Selamat membuat catatan perjalanan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments