Rafting di Sungai Ayung, Bali

5 Fakta Seru Rafting di Sungai Ayung, Bali

Pulau Bali adalah salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal. Banyak wisatawan yang datang ke Bali khusus untuk berlibur, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Siapa pun tahu, keindahan pesona alam di Bali memang luar biasa dan tidak dapat ditolak oleh siapa saja.

Di antara berbagai kegiatan seru yang bisa dilakukan di Bali, ada satu destinasi wisata yang tidak boleh kamu lewatkan saat ke Bali, yaitu arung jeram atau rafting. Ada beberapa sungai indah dan jernih yang bisa kamu pilih di Bali sebagai tujuan petualangan kamu. Salah satunya yaitu Sungai Ayung yang berada di daerah Ubud.

Sungai Ayung merupakan salah satu sungai terpanjang yang ada di Bali. Sungai ini mengalir kurang lebih sepanjang 62 kilometer. Melintasi dua kabupaten yaitu Kabupaten Bangli dan Kabupaten Badung, kemudian bermuara di Selat Badung Sanur. Berikut Penjelajah merangkum 5 fakta seru mengenai rafting di Sungai Ayung, Bali.

 
1. Merupakan Sumber Air Minum Masyarakat Bali
Air Sungai Ayung yang bersih untuk minum
Air Sungai Ayung yang bersih untuk minum

Foto: instagram.com/thisepicworld

Selain sebagai tempat wisata, Sungai Ayung juga menjadi sumber air bersih yang digunakan oleh dua Perusahaan Daerah Air minum (PDAM) di Bali, yaitu PDAM Kota Denpasar dan PDAM Kabupaten Badung. Jadi jangan heran ketika rafting di Sungai Ayung, kamu akan menemukan sungai yang bersih, jernih dan terjaga kelestariannya.

 
2. Cocok Untuk Pemula dan Rafter Tingkat Menengah

Sungai Ayung memiliki tingkat kesulitan rafting yang variatif. Di beberapa bagian, ada kesulitan level I – III yang cocok dicoba oleh wisatawan pemula dan rafter tingkat menengah.

Rafting di sungai dengan level ini cocok untuk rekreasi namun tetap menantang dengan adanya beberapa batu besar atau pada waktu tertentu jeram di Sungai Ayung dapat mencapai tinggi sekitar 4 meter. Pada level ini, biasanya skipper atau river guide akan lebih berperan dalam mengayuh dibandingkan dengan peserta lainnya. Meskipun di beberapa titik yang cukup menantang, wisatawan pemula tetap harus mendengar jelas instruksi guide demi keselamatan.

 
3. Jarak Lokasi yang Dekat Dengan Pusat Wisata Ubud
Puri Saren Agung Ubud, istana peninggalan kerajaan Bali yang megah dan artistik
Puri Saren Agung Ubud, istana peninggalan kerajaan Bali yang megah dan artistik

Foto: raftingbali.net

Kalau kamu berencana datang ke Bali untuk rekreasi, lokasi Sungai Ayung juga cukup dekat dengan pusat wisata Ubud, yaitu sekitar 10 kilometer saja. Jarak ini memungkinkan kamu untuk menikmati arung jeram di Sungai Ayung, sekaligus berwisata di sekitar Ubud dalam satu kali perjalanan liburan.

 
4. Pemandangan yang Indah Sepanjang Rute Rafting
Pemandangan Sungai Ayung dari udara
Pemandangan Sungai Ayung dari udara

Foto: instagram.com/noeliamadiedo

Di sepanjang rute rafting, kamu akan menemukan pemandangan yang indah. Di beberapa bagian sungai kamu akan melihat pemandangan hijau alami di kiri dan kanan sungai. Ada juga ornamen pahatan batu di sekitar tebing sungai yang akan kamu lewati. Selain itu, Sungai Ayung juga melintasi beberapa villa internasional dengan desain memukau. Keindahan pemandangan ini membuat suasana rafting di Sungai Ayung jadi seru sekaligus membuat hati terasa tentram.

Setelah letih melakukan rafting, kamu bisa berhenti sejenak untuk beristirahat. Tempat pemberhentian ini ada di spot Cliff Jump dengan ketinggian sekitar 4 meter. Tempat peristirahatan ini sangat sayang untuk kamu lewatkan.

 
5. Spot Selfie Air Terjun
Spot selfie air terjun ketika rafting di Sungai Ayung
Spot selfie air terjun ketika rafting di Sungai Ayung

Foto: instagram.com/annelourayne

Liburan rasanya kurang lengkap kalau tidak ada foto-foto yang dibagikan di media sosial. Ketika rafting di Ayung, kamu bisa berfoto di air terjun yang memang biasa menjadi spot selfie para pengunjung. Kamu juga bisa berfoto sambil menikmati pijatan dari air terjun yang jatuh dengan deras di atas kepala kamu. Rasanya nyaman sekali.

 

Nah, itulah beberapa hal mengenai Sungai Ayung Ubud Bali yang menarik untuk kamu tahu. Kalau kamu pecinta rafting dan Bali, Sungai Ubud Bali ini bisa jadi pilihan destinasi wisata yang tepat untuk mengisi liburanmu berikutnya.

Foto utama: instagram.com/nachovilloch

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments