Diving dengan Ikan Mola Mola di Bali

Diving dengan Ikan Purba Raksasa Mola Mola di Nusa Penida

Buat kamu yang suka menyelam (scuba diving) dan menikmati keindahan bawah laut, destinasi laut atau spot penyelaman tentu jadi pilihan utama. Apalagi, Indonesia memiliki banyak destinasi wisata bawah laut yang menyajikan keindahan alam yang luar biasa. Tapi kalau kamu mau mencoba pengalaman diving yang tak biasa, cobalah berkunjung ke Nusa Penida, Bali. Di sini, kamu bukan hanya akan menyelam saja, tapi kamu juga bisa merasakan serunya menyelam dan berdampingan dengan hewan purba raksasa, yaitu Ikan Matahari (ocean sunfish) atau yang disebut juga sebagai Ikan Mola – Mola.

Foto utama: Abyssworld.com

Tidak banyak tempat di dunia yang terdapat Ikan Mola – Mola. Nusa Penida, Bali adalah salah satu di antaranya. Saat ini, Ikan Mola – Mola memang sudah termasuk sebagai ikan yang langka. Namun, kamu bisa merasakan serunya berenang di laut bersama ikan ini. Khususnya saat kamu berkunjung ke Crystal Bay, Nusa Penida, Bali.

 
Ikan Mola – Mola di Nusa Penida: Ikan Langka yang Ramah
Ikan Mola Mola tertangkap tahun 1910
Ikan Mola Mola yang tertangkap oleh W.N. McMillan dari Afrika Timur, di Pulau Santa Catalina, California, pada 1 April 1910.
Berat Mola Mola tersebut diperkirakan lebih dari 1,5 ton.

Foto: Asknature.org

Meskipun termasuk hewan langka, tapi berenang bersama ikan mola – mola bukanlah hal yang terlalu sulit. Begitu kamu datang dan menikmati diving di Crystal Bay, Nusa Penida, Bali, kamu dapat menemukan Ikan Mola – Mola ini. Bisa dibilang, kamu tidak perlu berkeliling mencari – cari dimana ikan ini berada, justru Ikan Mola – Mola yang akan mencari kamu. Memang, Ikan Mola – Mola di Nusa Penida ini merupakan salah satu ikan yang memiliki rasa ingin tahu yang besar. Karena itu, mereka tidak segan – segan untuk menghampiri penyelam yang berenang di dekat mereka.

Jika kebanyakan ikan akan merasa takut dan menghindar saat didatangi manusia, Ikan Mola – Mola di Nusa Penida ini malah akan penasaran dan menghampiri kamu. Mungkin hal ini karena Mola – Mola disini telah terbiasa melihat para penyelam. Tak heran kalau ikan ini disebut sebagai ikan paling ramah di lautan. Saking ramahnya, kamu bahkan bisa mendapatkan banyak foto yang menarik saat berenang di dekat Ikan Mola – Mola.

 
Ciri – Ciri Ikan Mola – Mola
Ciri ikan Mola Mola ketika berenang
Ciri ikan Mola Mola ketika berenang

Foto: Asknature.org

Tidak sulit membedakan Ikan Mola – Mola dengan ikan lainnya di lautan. Bentuk badan Ikan Mola – Mola sangat khas dan sangat berbeda dengan bentuk badan ikan – ikan lain di lautan. Ikan Mola – Mola memiliki bentuk tubuh yang pipih, dan sirip bagian atas dan bawahnya memiliki bentuk yang sama. Yaitu menyerupai bentuk sayap atau sirip hiu.

Karena bentuk siripnya ini, kadang kala orang – orang menyangka Ikan Mola – Mola adalah Ikan Hiu. Khususnya pada saat ikan ini sedang berenang di dekat permukaan. Ukuran Ikan Mola – Mola juga sangat besar. Bahkan ada yang mencapai lebar atau tinggi 5 meter.

 

Waktu Terbaik untuk Menemukan Ikan Mola – Mola

Nah, buat kamu yang mau mencoba pengalaman berenang bersama Ikan Mola – Mola, kamu tinggal datang saja ke Crystal Bay, Nusa Penida, Bali. Akan sangat mudah menemukan Ikan Mola – Mola di sini. Tapi kalau kamu menginginkan waktu terbaik, cobalah berkunjung pada rentang bulan Juli hingga September. Karena pada waktu tersebut akan lebih banyak Ikan Mola – Mola di perairan ini dibandingkan waktu lainnya.

Menemukan Ikan Mola – Mola bisa dibilang cukup mudah. Selain karena ikan ini memiliki rasa penasaran yang tinggi, Ikan Mola – Mola juga lebih suka berenang di dekat permukaan. Pada musim tertentu, Ikan Mola – Mola cenderung suka mencari sinar matahari. Hal ini juga yang membuat Ikan Mola – Mola sering disebut sebagai Ikan Matahari.

Tapi, jika Anda berencana untuk berenang bersama Ikan Mola – Mola, pastikan Anda tidak mengganggu aktivitas ikan ini. Hal ini penting untuk diperhatikan agar Ikan Mola – Mola tidak merasa terganggu dan masih bisa dijumpai oleh lebih banyak wisatawan. Penasaran mencoba berenang dengan ikan unik ini?

Penjelajah Logo  PENJELAJAH COMMUNITY
Subscribe & Gabung Komunitas Penjelajah, yuk!

Subscribe untuk menerima notifikasi kabar terbaru, info promo, dan lainnya melalui email. Pastikan kamu juga registrasi untuk bergabung dan berbagi info serta cerita petualangan dengan sesama petualang lainnya di Penjelajah Community!

Invalid email address
Kami tidak akan mengirimkan spam. Kamu dapat unsubscribe kapan saja.

Tinggalkan Balasan