Talkshow olahraga petualangan dan tantangan dalam masa adaptasi kebiasaan baru

Protokol Kesehatan Petualangan dan Aktivasi Sport Tourism

Protokol Kesehatan Bagi Olahraga Petualangan dan Tantangan Telah Disiapkan Untuk Aktivasi Wisata Olahraga (Sport Tourism) di Indonesia

Pelaksana dan penggiat Olahraga Petualangan, Tantangan dan Wisata (PTW) Indonesia menyatakan telah menyiapkan Standard Operating Procedure (SOP) Protokol Kesehatan bagi dibukanya kembali wisata olahraga (Sport Tourism) di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Wahyu Yudha, selaku Ketua TROI Foundation, pada acara talkshow yang dilangsungkan di Jakarta, pada tanggal 12 Agustus 2020.

Acara talkshow ini dibuka oleh Alia Noorayu Laksono, selaku Staff Khusus Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, dan disusul tayangan sambutan dari Asisten Deputi Kemenpora dan juga Direktur Kemenpar RI. Acara talkshow ini juga menghadirkan 5 Narasumber yang merupakan para pakar di bidang olahraga petualangan, yakni Djoko Bisowarno (Paragliding), Amalia Y. Alkantana (Rafting), Abimanyu (Diving), Adi Seno (Hiking, Climbing, dan Caving) dan Dendi Dwitiandi (Running).

Dalam talkshow ini, disampaikan bahwa olahraga PTW telah memiliki SOP atau protokol kesehatan guna melayani masyarakat maupun wisatawan yang ingin melakukan kembali olahraga rekreasi di Indonesia, mengingat sebelumnya Kemenpar, bekerjasama dengan Kemenpora, Kemenkes dan juga Pengurus Cabang Olahraga terkait, telah selesai menyusun protokol kesehatan bagi 5 cabang olahraga PTW yaitu cabang olahraga Paralayang (Paragliding), Arung Jeram (Rafting), Lari Jarak Jauh (Running), Pendakian Gunung (Hiking), dan juga Selam (Diving).

Talkshow ini diadakan sebagai sarana sosialisasi kebijakan pemerintah untuk pembudayaan olahraga rekreasi, juga sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat luas perihal SOP atau pelaksanaan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19, sehingga diharapkan setelah ini wisatawan tidak ragu dalam memulai kembali kegiatan olahraga wisata di Indonesia. Di samping itu, dengan mengetahui tata cara atau protokol yang diterapkan, wisatawan dapat mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan tersebut dengan disiplin.

TROI Foundation menyelenggarakan event talkshow ini sebagai bentuk dukungan bagi Pemerintah dalam membuka kembali sektor pariwisata, khususnya pada bidang olahraga rekreasi. Organisasi yang bermarkas di Menteng, Jakarta Pusat ini merupakan sebuah yayasan yang memposisikan diri sebagai wadah bagi koordinasi bidang olah raga PTW di Indonesia mulai dari olahraga Paragliding, Rafting, Hiking, Running, Diving, serta Caving.

 
 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments