Hobi Mendaki Gunung

Alasan Banyak Orang Hobi Mendaki Gunung

Mendaki gunung menjadi salah satu kegiatan alam yang tak pernah sepi peminat. Para pecinta alam tentunya pernah mendaki gunung minimal sekali dalam hidupnya. Kegiatan pendakian gunung ini sebenarnya memiliki banyak filosofi dan seni yang hanya bisa dirasakan bagi seseorang yang pernah mendaki.

Walaupun melelahkan, asalkan dapat sampai ke puncak gunung merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi seorang pendaki. Banyak orang tidak mengerti mengapa seorang pendaki suka mendaki gunung hingga berkali-kali. Berikut ini adalah beragam alasan kenapa banyak orang merindukan untuk mendaki gunung lagi dan lagi di hidupnya.

 
1. Perjalanan Mendaki Gunung Adalah Perjalanan Hati Manusia

Banyak orang beranggapan bahwa mendaki gunung adalah untuk menaklukkan puncak gunung tersebut, namun sejatinya naik gunung itu adalah perjalanan untuk menaklukkan diri seorang manusia itu sendiri. Perjalanan mencapai puncak gunung merupakan sebuah dorongan untuk keluar dari zona nyaman. Pendaki harus meninggalkan rumah yang nyaman dan melawan kesulitan dalam perjalanan, hingga mendaki mencapai puncak yang melelahkan dan seringkali menyusahkan.

Mendaki gunung membutuhkan niat dan mental yang kuat, kondisi fisik yang baik, serta persiapan matang. Apabila tidak dapat memenuhi ketiga persyaratan tersebut maka dapat dipastikan Kamu tidak akan sampai di puncak. Seorang pendaki harus mampu mengalahkan ego agar dapat memaksimalkan seluruh kemampuan untuk sampai ke puncak gunung.

 
2. Lebih Menghargai Hal-Hal Sederhana yang Sering Terlupakan

Berada di gunung tentunya banyak dihadapkan di situasi sulit seperti contohnya tidak adanya jaringan sinyal atau Wi-Fi yang mungkin selama ini sering mengikat Kamu di kehidupan jejaring media sosial. Pengalaman mendaki gunung mampu membuat kamu menjadi manusia seutuhnya.  

Kamu akan lebih mensyukuri hal-hal kecil seperti pentingnya persediaan air dan makanan yang mungkin selama ini sering terlupakan. Bahkan, mensyukuri cuaca cerah selama perjalanan mendaki gunung juga menjadi salah satu hal penting karena berpengaruh dalam kemudahan dan keamanan pendakian.

Hobi Mendaki Gunung
Hobi mendaki gunung

Foto: instagram.com/nadiraaulia
 
3. Rasa Kekeluargaan dan Solidaritas Sesama Pendaki

Hal yang paling dirindukan saat mendaki gunung adalah rasa kekeluargaan dan solidaritas sesama pendaki. Teriakan semangat selalu dilontarkan kepada teman yang mungkin merasa kelelahan saat melakukan pendakian. Seorang pendaki gunung tidak segan untuk membagikan air atau makanan kepada sesama pendaki untuk menikmati pendakian dan sampai ke puncak gunung bersama-sama.

Sesama pendaki gunung adalah saudara walaupun sebelumnya mereka tidak saling kenal dan memiliki perbedaan latar belakang. Banyak orang merasakan bahwa gunung merupakan tempat akrabnya orang-orang yang melakukan perjalanan pendakian.

 
4. Pemandangan Alam yang Mengagumkan

Gunung senantiasa menawarkan pemandangan indah bagi pendaki selama melakukan perjalanan pendakian menuju puncak. Pemandangan alam hijau hingga puncak diatas awan selalu mampu membuat pendaki ingin selalu kembali mendaki gunung dan menikmati panorama indah ciptaan Yang Maha Kuasa.

Umumnya setiap pendaki selalu merasakan pengalaman berbeda tiap kali melakukan perjalanan mendaki gunung. Faktor-faktor penentu yang beragam seperti misalnya jalur pendakian yang berbeda, interaksi dengan para pendaki lainnya, dan kondisi cuaca selalu menjadi cerita sendiri di setiap perjalanan.

 
5. Menikmati Momen Sunrise dan Sunset di Puncak Gunung
Pemandangan sunset di gunung
Pemandangan sunset di gunung

Foto: instagram.com/muhammadsidik99

Kebanyakan pendaki umumnya melakukan perjalanan menuju puncak gunung untuk melihat sunrise atau sunset. Gradasi warna panorama yang menarik selalu berhasil membuat pendaki gunung terkagum-kagum. Hal ini membuat orang betah berlama-lama di puncak dan selalu menjadikan alasan untuk kembali mendaki gunung lagi.

 

Demikian lah beberapa alasan yang membuat banyak orang hobi mendaki gunung. Mendaki gunung tidak hanya sekadar jalan-jalan biasa namun dapat memberikan makna khusus bagi pengembangan diri seorang manusia. Mencapai puncak gunung merupakan suatu pencapaian yang harus dibayar dengan keringat, dinginnya alam yang menusuk tulang, berlelah-lelah membawa beban dan melangkahkan kaki, serta semangat yang selalu berkobar. Untuk kamu yang belum pernah mendaki gunung, sudah rencanakan pendakian pertamamu?

 
 
Penjelajah Logo  PENJELAJAH COMMUNITY
Subscribe & Gabung Komunitas Penjelajah, yuk!

Subscribe untuk menerima notifikasi kabar terbaru, info promo, dan lainnya melalui email. Pastikan kamu juga registrasi untuk bergabung dan berbagi info serta cerita petualangan dengan sesama petualang lainnya di Penjelajah Community!

Invalid email address
Kami tidak akan mengirimkan spam. Kamu dapat unsubscribe kapan saja.
Loading...

Tinggalkan Balasan