Mountain Biking di hutan pinus

Hal Yang Harus Diperhatikan Pemula Dalam Mountain Biking

Apakah kamu pernah mendengar olahraga mountain biking? Mountain biking adalah sebuah olahraga bersepeda yang tidak dilakukan di jalanan umum. Mountain biking malah cenderung dilakukan di gunung, dimana permukaan-permukaan tanah tempat olahraga ini dilakukan cenderung tidak datar, berbatu, dan memiliki medan yang relatif curam. Contohnya di atas bebatuan, melewati arus sungai, atau jalan-jalan setapak di gunung dan pedesaan. Mountain biking termasuk olahraga ekstrim, namun sangat asyik dilakukan.

Bagi kamu yang tertarik untuk melakukan mountain biking, berikut ini merupakan hal-hal yang perlu kamu ketahui.

 
Tipe-Tipe Track Pada Mountain Biking

Terdapat setidaknya tiga jenis track atau lintasan yang biasa digunakan untuk olahraga mountain biking. Pertama, singletracks yang merupakan jenis lintasan yang cukup kecil. Lebar maksimal lintasan ini hanya sampai batas bisa dilewati oleh dua sepeda. Singletracks biasanya hanya berupa satu jalur. Kedua, doubletracks yang merupakan jenis lahan yang dua kali lebih besar dibandingkan singletracks. Luas dari doubletracks ini membuatnya bisa dilewati oleh dua pesepeda berdampingan sekaligus.

Terakhir, mountain bike terrain parks yang merupakan sebuah area yang memang dirancang dan dibuat untuk olahraga mountain biking. Lintasan ini biasanya memiliki fitur-fitur yang sudah direncanakan menantang bagi para pesepeda gunung seperti arena-arena untuk diloncati, atau jembatan yang sengaja dimiringkan.

 
Tips Olahraga Mountain Biking
 
1. Sesuaikan jenis sepeda dengan gaya mountain biking

Olahraga mountain biking memiliki banyak gaya yang sangat berpengaruh pada pemilihan jenis sepeda. Sebelum memutuskan untuk membeli sepeda yang kamu inginkan, pastikan kamu mengumpulkan informasi mengenai gaya mountain biking yang ingin kamu lakukan terlebih dahulu.

 
2. Persiapkan peralatan-peralatan yang diperlukan

Mountain biking termasuk ke dalam kategori olahraga ekstrim, sehingga ada banyak peralatan yang kamu butuhkan untuk menjamin keselamatanmu dalam melakukan olahraga ini. Pastikan kamu mempersiapkan peralatan-peralatan krusial yang diperlukan dalam olahraga ini seperti helm, pelindung dengkul dan siku, serta sepatu dan pakaian bersepeda atau pakaian yang sesuai.

 
3. Memilih tempat yang sesuai dengan kemampuan kamu sebagai pemula

Mountain biking dapat dilakukan di berbagai jenis medan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda pula. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih lokasi yang sesuai dengan tingkat kemampuanmu. Jika kamu ingin menguji kemampuanmu dengan melewati arena yang lebih menantang, pastikan kamu didampingi oleh teman atau instruktur yang lebih senior.

 
4. Pelajari teknik-tekniknya dengan baik

Pada setiap jenis rintangan yang dilalui mountain bikers, terdapat teknik-teknik tertentu untuk memudahkan kamu melewatinya. Kamu perlu mengetahui teknik-teknik tersebut sebelum mempraktikkannya di lapangan. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa kebingungan saat harus menghadapi rintangan tersebut.

 
5. Bawa perbekalan dan obat-obatan

Jatuh dari sepeda dan luka-luka merupakan hal yang wajar terjadi dalam olahraga ini. Ada baiknya kamu membawa perbekalan dan obat-obatan yang cukup untuk menghadapi momen seperti ini. Bawa air bersih yang cukup banyak sehingga dapat digunakan untuk membersihkan luka selain untuk diminum selama perjalanan.

 
6. Cari komunitas

Tips yang terakhir adalah mencari komunitas yang menaungi olahraga ini. Tujuannya adalah untuk berbagi pengalaman dan bertukar kabar mengenai trip atau kompetisi mountain biking. Bergabung dengan komunitas juga akan membantu kamu untuk mendapatkan tips-tips baru yang berguna dalam meningkatkan keterampilanmu mengayuh sepeda.

 

Mountain biking merupakan olahraga yang sangat menyenangkan dan memicu adrenalin. Namun, sama seperti olahraga ekstrim lainnya, kamu perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang sebelum melakukan olahraga ini. Siapkan pengetahuan, skill, kemampuan fisik dan peralatan yang tepat agar kamu dapat menikmati olahraga ini dengan sepenuhnya.

 
Penjelajah Logo  PENJELAJAH COMMUNITY
Subscribe & Gabung Komunitas Penjelajah, yuk!

Subscribe untuk menerima notifikasi kabar terbaru, info promo, dan lainnya melalui email. Pastikan kamu juga registrasi untuk bergabung dan berbagi info serta cerita petualangan dengan sesama petualang lainnya di Penjelajah Community!

Invalid email address
Kami tidak akan mengirimkan spam. Kamu dapat unsubscribe kapan saja.
Loading...

Tinggalkan Balasan