Pulau Bira, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Pulau Bira: Keindahan di Ujung Kepulauan Seribu

Destinasi wisata di Indonesia memang tidak perlu lagi diragukan keindahannya. Termasuk keindahan alam di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Pulau – pulau yang ada di Kepulauan Seribu ini menyajikan keindahan alam yang luar biasa mempesona dan sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pulau Bira. Pulau ini bisa dibilang berada paling jauh di antara pulau – pulau lain yang ada di Kepulauan Seribu. Bahkan tak jarang Pulau Bira dikatakan sebagai ujung Kepulauan Seribu.

Foto utama: instagram.com/diomrz

Pulau Bira berada di antara gugusan Kepulauan Seribu. Persisnya di Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Untuk bisa datang ke Pulau Bira, kamu bisa menggunakan kapal dari Muara Angke atau Pantai Marina Ancol. Jika kamu membawa kendaraan sepeda motor atau mobil, sayangnya kendaraan kamu hanya bisa sampai pelabuhan saja. Tapi tidak perlu khawatir, ada banyak penitipan kendaraan yang bisa kamu pilih baik di Muara Angke maupun Pantai Marina Ancol.

 

Wisata ke Pulau Bira

Keindahan Pulau Bira, Kepulauan Seribu
Keindahan Pulau Bira, Kepulauan Seribu

Foto: instagram.com/randikarpa

Ada dua destinasi umum yang biasa dikunjungi oleh para wisatawan saat ke Pulau Bira. Yaitu Pulau Bira Besar dan Pulau Bira Kecil. Keduanya memiliki pemandangan alam memukau yang akan membuat kamu bersemangat dan sejenak melupakan kepenatan rutinitas kerja yang cenderung monoton.

Untuk bisa berkunjung ke Pulau Bira, kamu bisa menggunakan agen perjalanan atau melakukan backpack traveling sendiri. Kalau backpack traveling sendiri menjadi pilihan, pastikan kamu sudah menyiapkan seluruh kebutuhan kamu selama perjalanan dan di sana. Misalnya seperti obat – obatan pribadi, makanan, minuman, atau perlengkapan pribadi lainnya. Pastikan juga kamu sudah menghubungi cottage untuk menginap selama di Pulau Bira.

Pastikan juga kamu membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup untuk keperluan selama di sana. Seperti membayar penginapan, biaya sewa peralatan snorkeling, atau untuk sekedar jajan dan membeli makanan di sana. Untuk sewa paket peralatan snorkeling sendiri, harga yang umum adalah sekitar Rp 35.000. Harga ini sudah termasuk snorkel, life jacket, dan juga fin untuk renang.

Snorkeling di Pulau Bira, Kepulauan Seribu
Snorkeling di Pulau Bira, Kepulauan Seribu

Foto: instagram.com/arvinsalim

Kalau kamu berencana untuk mengambil beberapa foto, pastikan kamu membawa dan menyiapkan dengan baik kamera yang akan kamu gunakan. Pastikan juga kamu berkunjung saat suasana sedang cerah agar perjalanan wisata kamu tidak terganggu oleh hujan. Dengan begitu, kamu bisa lebih nyaman dan banyak mengeksplorasi berbagai keindahan wisata di Pulau Bira.

 

Biaya Penginapan di Pulau Bira

Biasanya, wisatawan yang datang ke Pulau Bira memanfaatkan jasa travel atau agen perjalanan untuk wisata ke sana. Hal ini karena biaya penginapan di Pulau Bira cukup mahal. Beberapa tahun yang lalu, Pulau Bira termasuk pulau yang memiliki banyak peminat. Saat kamu sampai kesana, kamu juga akan dengan mudah menemukan sekitar 20 cottage mewah di sana. Lengkap dengan kolam renang, lapangan golf, bahkan hellypad. Sayangnya, cottage tersebut sudah tidak lagi terawat.

Tapi selain 20 cottage itu, ada sekitar 8 cottage lain yang masih disewakan sebagai tempat menginap. Tapi biaya satu ruangan saja bisa mencapai 1 juta Rupiah. Padahal kalau kamu menggunakan jasa travel atau agen perjalanan, biayanya bisa hanya berkisar Rp 500 ribu – Rp 750 ribu saja per orang. Biaya ini sudah termasuk penginapan, penyeberangan kapal feri pulang pergi juga kapal nelayan. Bahkan beberapa agen perjalanan juga memberikan fasilitas makan 3x sehari dan sewa peralatan snorkeling dengan harga tersebut. Tentu saja dengan batasan kuota minimal untuk pemberangkatan. Jadi, mau berkunjung ke Pulau Bira?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments