Pantai Pink, Lombok Timur, NTB

Pantai Pink Lombok: Apa Kabarnya Pasca Gempa?

Sejak Gempa Lombok yang lalu, sebagian besar sektor pariwisata di Lombok dan sekitarnya tentu mengalami penurunan drastis. Tidak sedikit yang mengalami kerusakan medan dan fasilitas sebagai dampak dari bencana gempa bumi di Lombok, sehingga mengharuskan pemerintah atau pengelola untuk menutup destinasi tersebut dengan alasan keamanan dan keselamatan pengunjung. Meski demikian, beberapa destinasi wisata di Lombok tidak mengalami kerusakan, salah satunya adalah Pantai Pink di Lombok Timur.

Saat gempa terjadi, Pantai Pink tidak mengalami kerusakan, tetap cantik dan aman. Satu hal yang berubah adalah Pantai Pink mengalami penurunan drastis pada jumlah pengunjung yang sebelumnya bisa mencapai 300-400 orang dalam sehari, sekarang hanya sekitar 50 orang saja per hari di saat weekend. Oleh karena itu, artikel berikut ini Penjelajah dedikasikan untuk masyarakat Lombok, khususnya yang terdampak secara ekonomi di sekitar Pantai Pink. Mari beramai-ramai kunjungi kembali Pantai Pink! Simak ulasan berikut.

 
Pantai Pink Lombok: Pantai Indah dengan Pasir Pink yang Memikat
Pantai Pink di Lombok Timur - Foto dari Udara Menggunakan Drone
Pantai Pink di Lombok Timur – Foto dari Udara Menggunakan Drone

Foto oleh: Honza, instagram.com/360co

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata pantai yang memikat hati. Keindahan wisata pantai di Indonesia banyak menarik kedatangan para wisatawan lokal maupun internasional.

Salah satu destinasi wisata pantai yang memikat adalah Pantai Pink yang ada di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Tepatnya di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Keunikan yang paling mencolok dari Pantai Pink ini adalah warna pasir pantainya yang terlihat pink. Sebenarnya, Pantai Pink memiliki nama asli Pantai Tangsi. Namun warna pasir yang menarik perhatian ini membuat nama pantai ini lebih terkenal dengan sebutan Pantai Pink dibandingkan dengan nama Pantai Tangsi.

Warna pasir di Pantai Pink ini adalah hasil dari karang – karang merah yang telah mati yang kemudian terbawa arus hingga ke pantai dan melebur bercampur dengan pasir putih di pantai ini sehingga warna pasirnya jadi terlihat berwarna pink.  

 
Pantai Pink 1 dan 2

Ada dua pantai yang disebut Pantai Pink di Lombok. Pantai Pink 1 merupakan pantai berwarna pink yang pertama kali ditemukan. Di tempat ini, warna pantainya terlihat lebih pink dan memang sudah menjadi tempat wisata. Sehingga, kamu akan menemukan warung – warung kecil yang menjual es kelapa muda atau makanan ringan. Pantai ini juga telah dihuni oleh beberapa keluarga.

Sedangkan Pantai Pink 2 memiliki warna pasir yang tidak terlalu pink. Kamu yang suka suasana sepi dan tenang pasti akan lebih menyukai pantai ini. Pantai Pink 2 belum dihuni oleh siapa – siapa. Yang ada hanya hamparan lembah hijau yang diapit oleh pegunungan. Karena itu, jika kamu berencana datang ke Pantai Pink 2, pastikan kamu memiliki perbekalan yang cukup.

Kamu yang senang menikmati alam bisa menjadikan Pantai Pink sebagai destinasi wisata kamu liburan nanti. Suasana pantai yang tidak terlalu ramai dan nuansa deburan ombak yang lembut dapat membuat kamu melepaskan diri dari rutinitas harian yang cenderung monoton. Apalagi tekstur pasirnya yang sangat lembut akan membuat kamu mengira kalau kamu sedang berdiri di atas tepung, bukan pasir.

Pantai Pink 2, Lombok Timur
Pantai Pink 2, Lombok Timur

Foto via pedomanwisata.com

Hamparan bukit di sekeliling Pantai Pink membuat pemandangan di pantai ini jadi terasa semakin sempurna. Di sisi kiri pantai, kamu bisa menemukan bukit yang memiliki hamparan padang rumput yang luas. Dari tempat ini, kamu bisa melihat pemandangan Pantai Pink secara lebih menyeluruh.

Sedangkan di sisi kanan pantai, kamu akan menemukan tanjung yang eksotis dengan sebuah gazebo yang memang sudah disiapkan di atasnya. Jika kamu berkunjung ke Pantai Pink, jangan lewatkan kesempatan berfoto di spot ini.

Akan tetapi, warna pink di pantai ini tidak selalu bisa terlihat dengan jelas. Ada waktu-waktu tertentu dimana warna pinknya akan lebih terang dibandingkan waktu lainnya. Misalnya pada saat siang hari dan ketika matahari bersinar terik. Jika kamu ingin mendapatkan keindahan warna pink pantai ini, pastikan kamu datang di waktu tersebut.

 
Selain Wisata Pantai, Jelajahi Pula Keindahan Terumbu Karang Sekitar Pantai Pink dengan Snorkeling
Snorkeling di sekitar Pantai Pink
Snorkeling di sekitar Pantai Pink

Foto: instagram.com/bembenggmail.com3

Sudah jauh-jauh ke Pantai Pink, maka sayang rasanya jika kamu tidak mencoba snorkeling dan menjelajah indahnya terumbu karang di sekitar Pantai Pink Lombok. Kamu bisa menyewa alat snorkeling dengan harga sewa sekitar 25.000 Rupiah dan menyewa perahu di sekitar daerah Pantai Pink dengan harga sewa di kisaran 350.000 Rupiah untuk mengantarkan kamu ke spot snorkeling. Biaya sewa perahu tersebut sudah termasuk fee nahkoda perahu dan pelampung.

 
Makanan di Sekitar Pantai Pink

Dalam hal makanan, di Pantai Pink terdapat beberapa warung makan dengan pilihan menu makanan yang cukup bervariasi. Di warung makan ini tersedia mulai dari Indomie sampai beberapa menu Seafood seperti ikan bakar, kerang rebus, dan udang goreng mentega. Harga makanan yang dijual di sini juga terjangkau, cukup pas dengan dompet petualang Indonesia. Namun sebaiknya kamu juga membawa camilan untuk dinikmati sembari meresapi nuansa ketenangan di pinggir pantai.

 
Rute Menuju Pantai Pink

Nah, untuk kamu yang ingin liburan ke Pantai Pink, ada beberapa alternatif kendaraan yang bisa kamu pilih. Mulai dari transportasi umum, kendaraan pribadi, hingga menyewa kendaraan atau menggunakan jasa travel.

1. Transportasi Umum

Kamu yang ingin menggunakan transportasi umum bisa mulai berangkat dari stasiun Mandalika, kemudian mengarah menuju pasar Jerowaru, lalu ke pertigaan Tanjung Ringgit.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba alternatif lain menggunakan perahu melewati Jalan Raden Puguh menuju pelabuhan Tanjung Luar, kemudian pindah menumpang ke perahu umum menuju Pantai Pink.

2. Kendaraan Pribadi

Kalau kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa berangkat dari Senggigi, kemudian melewati Jalan Raya Mantang.

3. Jasa Travel atau Sewa Mobil

Bagi kamu yang hanya ingin menikmati liburan tanpa harus repot menyetir, kamu juga bisa menggunakan jasa sewa mobil atau travel. Biasanya mereka akan mengambil rute lewat Jalan Raya Bypass Bandara International Lombok.

 

Namun demikian, jangan kaget bahwa jalan darat menuju lokasi Pantai Pink masih rusak parah, dan membutuhkan sekitar 45-60 menit dengan naik sepeda motor. Jalan akses ke Pantai Pink ini merupakan jalan berbatu, dengan banyak lubang di sepanjang jalannya, dan bahkan tak jarang kamu akan melewati jalan berpasir tanpa batu. Pastikan kamu telah melihat prakiraan cuaca sebelum berangkat dan sebaiknya tidak ke sini saat hujan.

 
Harga Tiket Masuk Pantai Pink

Untuk masuk ke kawasan Pantai Pink Lombok ini, kamu perlu membayar harga tiket masuk 10.000 Rupiah bagi wisatawan domestik. Sedangkan bagi wisatawan internasional harga tiket masuk Pantai Pink yaitu 50.000 Rupiah. Memang beberapa pengunjung sedikit mengeluhkan harga tiket yang dinilai cukup mahal, terlebih dengan akses jalan yang sulit ke lokasi Pantai Pink ini. Namun keindahan alam di pantai ini akan terasa sebanding dengan rasa lelah dan biaya yang telah dikeluarkan.

 

Ingin mencoba datang ke Pantai Pink, Sobat Penjelajah? Jangan lupa untuk membawa kamera dan bekal yang cukup ya!

Tinggalkan Balasan