Ular Mamba Hijau yang merupakan ular berbisa

Tips Berpetualang ke Wilayah yang Banyak Ular Berbisa

Jika kamu gemar traveling atau menjelajah ke alam liar, kamu tentu sudah mengantisipasi kehadiran hewan-hewan yang mendiami tempat tersebut. Salah satu hewan yang banyak tinggal di alam, terutama alam liar adalah ular berbisa. Racun pada ular berbisa memiliki tingkat bahaya yang berbeda-beda, tergantung pada jenis ularnya. Namun, tak jarang racun dari ular berbisa dapat membahayakan keselamatan wisatawan.

Untuk itu, simak tips survival bepergian ke alam liar berikut ini untuk mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berpetualang ke wilayah yang banyak dihuni ular berbisa.

 
Hal yang Harus Diperhatikan Jika Berpetualang ke Wilayah yang Banyak Didiami Ular Berbisa
1. Menyiapkan dan Menggunakan Peralatan yang Tepat

Salah satu hal yang penting diperhatikan saat berpetualang ke wilayah yang dihuni ular berbisa adalah menggunakan peralatan yang tepat. Pastikan kamu menggunakan sepatu berbahan tebal untuk mencegah tergigit ular yang berada di tanah. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan topi untuk mencegah gigitan ular yang berada di pohon.

Selain sepatu dan topi, kamu juga bisa menyiapkan tongkat untuk menyibak semak-semak yang menghalangi jalan sekaligus memberi peringatan kepada ular tentang keberadaanmu. Kamu juga bisa menggunakan sarung tangan yang cukup tebal jika petualanganmu mengharuskan menyentuh semak-semak atau pepohonan. Jika berpetualang di malam hari, pastikan kamu membawa penerangan yang cukup agar dapat melihat jalan dan daerah sekitar dengan jelas.

Tips Penggunaan Peralatan Ketika Berjalan di Tempat yang Banyak Ular Berbisa:

a. Gunakan Sepatu Tebal

b. Gunakan Topi

c. Gunakan Tongkat untuk Menyibak Semak-Semak

d. Gunakan Sarung Tangan yang Cukup Tebal

e. Jika harus berjalan malam hari, gunakan penerangan yang cukup

 
2. Memperhatikan Tempat, Lokasi dan Keadaan Sekitar

Tidak ada salahnya untuk mencari informasi mengenai tempat yang akan kamu kunjungi. Informasi tersebut bisa berupa jenis-jenis ular yang mendiami daerah tersebut, penanganan yang tepat jika kamu terkena bisa ular, hingga membawa obat atau peralatan yang bisa berguna jika kamu atau temanmu tergigit ular.

Di destinasi penjelajahan kamu, kamu juga perlu memperhatikan kondisi di sana. Perhatikan apakah ada tempat-tempat yang memungkinkan ular untuk bersembunyi. Hindari melangkah tanpa perhitungan ke atas tumpukan dedaunan atau semak-semak karena ular senang bersembunyi di sana. Hindari pula untuk membalikkan bebatuan, batang kayu besar, atau benda-benda yang sudah berdiam lama di tanah.

Jika kamu berpetualang melewati pepohonan, perhatikan ranting-ranting pohon yang menjulur ke jalan. Perhatikan pula area pinggir sungai karena ular senang berdiam di sana. Jika menemukan lubang, sarang, atau celah yang memungkinkan ular berdiam, hindari memasukkan tangan atau kaki ke dalamnya. Jika kamu berpetualang setelah hujan deras, kamu juga perlu berhati-hati karena ular seringkali keluar setelah terjadi hujan. Kamu juga bisa memperhatikan bunyi hewan-hewan sekitar karena mereka akan memberikan tanda jika melihat ancaman, termasuk ular.

Tips Mewaspadai Ular dengan Memperhatikan Kondisi Sekitar:

a. Cari informasi destinasi tujuan: jenis ular, penanganan, RS terdekat

b. Hindari mengganggu objek yang memungkinkan ada ular yang bersembunyi disana: tumpukan dedaunan, semak-semak, bebatuan, batang kayu besar, atau benda yang sudah lama berdiam di tanah

c. Perhatikan ranting-ranting yang terjulur

d. Perhatikan area pinggir sungai

e. Hindari memasukkan tangan ke lubang, sarang, atau celah

f. Waspada setelah hujan

g. Perhatikan bunyi hewan-hewan sekitar

 
3. Jika Kamu Bertemu Ular

Jika kamu terpaksa bertemu dengan ular, pastikan kamu tidak membuatnya merasa terancam. Kamu juga bisa menghentakkan kaki saat berjalan. Ular tidak akan menyerang jika tidak merasa terancam sehingga kamu tidak perlu langsung membunuh jika bertemu dengan mereka. Jika kamu bertemu dengan ular mati atau terlihat mati, hindari memegangnya sembarangan. Pada beberapa jenis ular, goresan dari taring ular pun bisa berbahaya.

Ketika kamu berkendara dan bertemu dengan ular di jalan, hindari menabrak ular karena berpotensi untuk terjebak di bagian-bagian kendaraan dan keluar saat kamu berkendara atau parkir. Hindari pula membiarkan bangkai ular di jalan karena berkemungkinan membahayakan orang lain.

Tips Jika Bertemu Ular:

a. Jangan membuat ular merasa terancam

b. Hentakkan kaki ketika berjalan

c. Hindari memegang ular mati atau yang terlihat mati

d. Jika berkendara, hindari menabrak ular karena mungkin ular naik dan bersembunyi di celah-celah kendaraan

e. Singkirkan bangkai ular dari tengah jalan

 

Ular memang hewan yang terlihat berbahaya dan menakutkan. Namun, ketika kita mengetahui cara memperlakukan mereka, maka mereka bisa jadi bukan ancaman bagi kita. Menghormati hak mereka untuk hidup dan beraktivitas tentunya akan membuat mereka juga menghormati hak kita untuk hidup dan beraktivitas.

Tinggalkan Balasan