Tebing Citatah, Jawa Barat

6 Destinasi Panjat Tebing Paling Cantik Di Indonesia

SurveyTime - alternatif pendapatan bagi petualang dan traveler

Salah satu jenis olahraga ekstrem yang wajib di coba adalah panjat tebing. Wisata ekstrem panjat tebing ini memerlukan waktu dan latihan yang cukup untuk mempersiapkan fisik. Namun ketika sudah mulai memanjat, bukan hanya aliran adrenalin yang didapatkan, tapi juga pemandangan yang indah dan rasa puas atas pencapaian yang diraih.

Di Indonesia banyak sekali tempat wisata panjat tebing yang cantik, menantang, serta bisa menjadi rekomendasi aktivitas pemanjatan dan liburan, Sobat Penjelajah. Apa sajakah itu? Yuk simak informasi 6 wisata panjat tebing paling cantik di Indonesia berikut ini.

Wisata Panjat Tebing yang Membutuhkan Adrenalin Besar
1. Tebing Lembah Harau, Sumatera Barat

Bagi Anda yang suka berolahraga panjat tebing, salah satu tempat terbaik panjat tebing ini wajib dikunjungi. Ya apalagi kalau bukan Tebing Lembah Harau yang terletak di Sumatera Barat ini. Tempat wisata ekstrem yang terletak di Kabupaten Limapuluh Kota ini mempunyai puluhan jalur yang bisa Anda gunakan, ketinggian tebing sekitar 80 hingga 300 meter.

2. Tebing Citatah, Jawa Barat
Tebing Citatah, Jawa Barat
Tebing Citatah, Jawa Barat

Buat Anda yang ingin melakukan panjat tebing namun tidak mau jauh-jauh, coba deh Tebing Citatah. Tebing yang terletak di kawasan Citatah Kabupaten Bandung Barat ini mempunyai 3 buah tebing yang tinggi. Ada Tebing Citatah 48 dengan ketinggian 40-50 m, Tebing Citatah 90 ketinggian sekitar 90 m, dan Tebing Citatah 125 dengan ketinggian sekitar 125 m.

3. Tebing Pantai Siung, Yogyakarta

Bagi Anda yang tinggal di Yogyakarta bisa lho berwisata panjat tebing tanpa harus keluar kota. Selain itu Anda juga bisa sembari menikmati keindahan deburan ombak, mana lagi kalau bukan di Tebing Pantai Siung. Ketinggian yang dimiliki tebing ini adalah 15 meter dengan tingkat kesulitan bermacam-macam, yaitu diantara 5.9 hingga 5.13. saat ini sudah terbuka 45 jalur pemanjatan.

4. Tebing Uluwatu, Bali

Di Bali nggak melulu pantai lho, buat Anda yang suka panjat tebing bisa juga menikmatinya di Bali. Untuk menikmati wisata satu ini silahkan datang ke Tebing Uluwatu, Bali. Letaknya yang berada di pinggir laut sebelah selatan Pulau Bali akan menyajikan pemandangan laut yang menakjubkan. Tebing dengan ketinggian antara 75 hingga 100 meter ini mempunyai tingkat kesulitan bermacam-macam.

5. Tebing Bukit Kelam, Kalimantan Barat

Ingin merasakan panjat tebing dengan ketinggian 900 meter? Coba deh datang ke Tebing Bukit Kelam di Kalimantan Barat. Selain menawarkan tebing yang tinggi, wisata satu ini juga mempunyai tebing vertikal dengan tinggi 600 m. Tebing dari batuan andesit ini menjadi favorit para panjat tebing di Indonesia karena ketinggian dan medan yang dimiliki.

6. Tebing Carstensz Pyramid, Papua

Siapa yang tidak tahu pegunungan tertinggi di Indonesia yang berada di Papua, ya apalagi kalau bukan Pegunungan Jayawijaya. Di Pegunungan ini terdapat tebing yang biasa sebagai wisata panjat tebing bernama Tebing Carstenz Pyramid, yang merupakan puncak tertinggi di  Pegunungan Jayawijaya. Tidak semua orang bisa mencapai puncak tebing andesit ini yang memiliki ketinggian 200 m. Tebing ini menjadi salah satu tebing paling curam di Indonesia.

Seperti disebutkan diatas, Indonesia terdiri dari pulau dan pegunungan, tidak heran jika banyak ditemukan tebing curam. Tebing-tebing indah nan cantik ini bahkan menjadi daya tarik wisata sendiri.

Panjat tebing merupakan olahraga ekstrem, untuk itu sebelum melakukannya wajib untuk mempelajari dan memperhatikan hal-hal yang menyangkut keselamatan atau safety. Lakukan cukup latihan di dinding panjat dan lengkapi pengetahuan tentang tebing sebelum memutuskan untuk rock climbing di alam. Setelah itu kamu bisa menikmati waktu memanjat dengan maksimal. Selamat mencoba!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments