Situ Cileunca, Pangalengan

5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Situ Cileunca, Pangalengan

Bandung Selatan memang memiliki banyak sekali wisata alam yang bisa kamu kunjungi. Misalnya saja seperti Kampung Cai Ranca Upas, Kawah Putih, Ciwidey, dan lain – lain. Selain itu, ada pula Situ Cileunca atau Danau Cileunca yang sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi.

Situ Cileunca sebenarnya merupakan danau buatan yang berada di kawasan Pangalengan, Bandung Selatan. Danau ini berada di ketinggian 1.550 mdpl dengan luas sekitar 1.400 hektar. Danau dengan kedalaman sekitar 17 meter ini dibangun oleh seseorang berkebangsaan Belanda untuk keperluan pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Pada masa itu, listrik yang dihasilkan dari Situ Cileunca ini digunakan untuk operasional pabrik teh dan juga sumber penerangan kota Bandung.

Saat ini, Situ Cileunca bukan hanya digunakan sebagai PLTA saja, tapi juga menjadi cadangan air bersih sekaligus sebagai tempat wisata. Pemandangan di Situ Cileunca yang indah menjadikan banyak orang yang tertarik berkunjung ke sini dan ingin kembali lagi.

 
Tiket Masuk Situ Cileunca

Tiket masuk Situ Cileunca bisa dibilang sangat terjangkau. Kamu hanya perlu membayar sebesar Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 2.500 untuk anak – anak. Jika kamu menggunakan mobil, maka biaya masuk mobil adalah sebesar Rp 4.000. Dan jika kamu menggunakan motor, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp 12.000 untuk motor sekaligus dua orang pengendaranya.

 
Kegiatan di Situ Cileunca

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Situ Cileunca. Tapi pastikan dulu kamu datang ke Situ Cileunca pada saat jam buka. Situ Cileunca buka mulai jam 8 pagi hingga 5 sore setiap hari. Di sini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti yang Penjelajah ulas berikut ini.

 
1. Berperahu Keliling Danau
Naik perahu keliling danau di Situ Cileunca, Pangalengan
Naik perahu keliling danau di Situ Cileunca, Pangalengan

foto: alamanda-indonesia.com

Menaiki perahu dan mengelilingi danau adalah salah satu kegiatan yang paling umum dilakukan di Situ Cileunca. Kamu hanya perlu membayar biaya sekitar Rp 75.000 satu perahu dengan kapasitas 10 orang. Artinya, jika perahu penuh maka setiap orang hanya perlu membayar sekitar Rp 7.500 saja. Dari atas perahu, kamu bisa menikmati suasana Situ Cileunca, segarnya danau dan juga dinginnya udara di sini.

 
2. Arung Jeram atau Rafting
Rafting Sungai Palayangan, di area Situ Cileunca, Pangalengan.
Rafting Sungai Palayangan, di area Situ Cileunca, Pangalengan.

Mau pengalaman yang lebih menantang? Arung jeram atau rafting di Sungai Palayangan, yang airnya bersumber dari bisa jadi pilihan. Keunggulan rafting di Situ Cileunca adalah debit air yang bisa diatur. Sehingga, keseruan dan tantangannya bisa lebih disesuaikan dengan kemampuan kamu. Arung jeram di sini juga terhitung sangat mudah. Kamu yang masih pemula pun bisa merasakan keseruan arung jeram di Situ Cileunca ini bahkan tanpa perlu banyak mendayung.

Untuk bisa merasakan serunya rafting di Sungai Palayangan atau Situ Cileunca ini, kamu bisa mengambil paket rafting dengan harga mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 575.000. Sebelum arung jeram dimulai, skipper atau pemandu sungai (river guide) dari tim operator rafting akan memberikan arahan dan pelatihan singkat. Pastikan kamu memahami dan menyimak yang disampaikan pemandu agar kegiatan arung jeram bisa berlangsung aman dan lancar.

 
3. Outbond atau Mancakrida

Situ Cileunca juga memiliki fasilitas outbond yang menarik. Mulai dari flying fox, panahan, paintball, hingga tour Pangalengan. Kamu bisa memilih kegiatan outbond mana saja yang ingin kamu ikuti dan kamu hanya perlu membayar biaya outbond yang kamu pilih saja.

 
4. Berkemah (Camping)
Pemandangan malam hari di Situ Cileunca, Pangalengan
Camping di tepi danau di Situ Cileunca, Pangalengan

Suka berkemah? Pengelola Situ Cileunca juga menyediakan fasilitas berkemah yang bisa kamu gunakan. Area berkemah di Situ Cileunca berada tidak jauh dari danau. Jadi, pada malam hari kamu bisa menikmati suasana danau yang indah. Apalagi kalau kamu datang di musim kemarau saat terang bulan.

 
5. Berfoto di Jembatan Cinta

Salah satu hal menarik yang bisa kamu lakukan di Situ Cileunca adalah berfoto di Jembatan Cinta. Jembatan ini sebenarnya merupakan akses yang dibangun untuk menyambung dua desa. Karena itu, banyak pasangan dari dua desa tersebut yang bertemu di jembatan sehingga jembatan ini dinamakan jembatan cinta.

 

Demikian lah ulasan mengenai 5 kegiatan yang bisa dilakukan di Situ Cileunca, Pangalengan. Nah, kegiatan mana yang paling ingin kamu lakukan di Situ Cileunca?

Penjelajah Logo  PENJELAJAH COMMUNITY
Subscribe & Gabung Komunitas Penjelajah, yuk!

Subscribe untuk menerima notifikasi kabar terbaru, info promo, dan lainnya melalui email. Pastikan kamu juga registrasi untuk bergabung dan berbagi info serta cerita petualangan dengan sesama petualang lainnya di Penjelajah Community!

Invalid email address
Kami tidak akan mengirimkan spam. Kamu dapat unsubscribe kapan saja.

Tinggalkan Balasan