Gunung Sumbing, Jawa Tengah

Mengintip Gunung 3S: Slamet – Sindoro – Sumbing

Tiga gunung yang lokasinya saling berdekatan ini membuat Slamet – Sindoro – Sumbing seringkali disebut sebagai gunung 3S. Banyak paket perjalanan yang menjadikan ekspedisi ke 3 gunung ini dalam satu paket perjalanan. Selain karena lokasinya yang berdekatan, 3 gunung ini juga memiliki karakter pendakian yang tidak terlalu sulit.

Gunung Slamet adalah gunung yang memiliki ketinggian sekitar 3.428 mdpl adalah gunung tertinggi di Jawa Tengah dan berada di perbatasan Kabupaten Tegal, Pemalang, Brebes, Banyumas, dan Purbalingga.

 
Gunung Slamet
Gunung Slamet

Foto: instagram.com/owi_the_owl
 

Gunung Sumbing dan Sindoro berada tidak terlalu jauh dari Gunung Slamet. Dua gunung ini seringkali disebut sebagai gunung kembar karena letaknya yang berdekatan. Gunung Sumbing memiliki ketinggian sekitar 3.371 mdpl dan merupakan gunung tertinggi ketiga di Jawa Tengah.

 
Gunung Sumbing
Gunung Sumbing
 

Sedangkan Gunung Sindoro merupakan gunung tertinggi keempat di provinsi Jawa Tengah dengan ketinggian mencapai 3.150 mdpl. Kedua gunung ini terletak di perbatasan 3 kabupaten. Yaitu Kabupaten Magelang, Wonosobo, dan Temanggung.

 
Gunung Sindoro
Gunung Sindoro
 

Mendaki 3 gunung ini dalam satu kali ekspedisi tentu saja bukan hal yang mudah. Selain trek perjalanan yang menantang, tentu saja kekuatan fisik adalah hal yang penting. Jika tidak disiapkan dengan baik, bukan mustahil kamu malah jadi tidak bisa menikmati keseruan pendakian secara penuh. Sayang sekali kan.

 
Biaya Pendakian Gunung Slamet – Sindoro – Sumbing

Tapi, selain kondisi fisik, kamu juga harus menyiapkan biaya perjalanan dan juga biaya pendakian untuk menaiki 3 gunung ini. Besaran biayanya tentu saja akan sesuai dengan pilhan transportasi yang kamu gunakan dan juga kebutuhan lainnya. Tapi, sebagai gambaran, berikut ini adalah estimasi biaya yang dibutuhkan untuk melakukan pendakian ke Gunung Slamet – Sindoro – Sumbing.

 
Transportasi Jakarta – Wonosobo

Kalau kamu datang dari Jakarta, kamu bisa menggunakan bus Jakarta – Wonosobo dengan biaya berkisar antara 70.000 – 85.000 Rupiah tergantung dari terminal mana kamu berangkat. Kamu bisa berangkat dari terminal Rawamangun, Kalideres, atau dari terminal Pulogadung, sesuai dengan lokasi yang paling dekat denganmu.

 
Transportasi Lokal: Wonosobo – Kec. Garung

Selanjutnya, dari Wonosobo kamu bisa mencari angkutan umum yang mengarah ke Kecamatan Garung. Kamu bisa menaiki bus mini yang biasanya cukup mudah ditemukan. Biayanya juga cukup murah, yaitu sekitar 7000 – 10.000 Rupiah saja.

 
Transportasi Lokal: Kec. Garung – Pos Pendakian I Garung

Dari Kecamatan Garung, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menaiki ojek hingga Pos I Garung. Biayanya mungkin sekitar 15 ribu hingga 25 ribu Rupiah tergantung negosiasi dengan driver. Atau kamu juga bisa mengecek aplikasi online jika memungkinkan. Tapi pastikan dulu lokasi tersebut cukup aman untuk menggunakan jasa aplikasi online.

Di Pos I Garung, kamu bisa melakukan pendaftaran SIMAKSI dan membayar tiket masuk pendakian Gunung Sumbing sebesar 7 ribu Rupiah per orang. Secara umum, biaya yang dibutuhkan untuk melakukan pendakian ke Gunung Slamet – Sindoro – Sumbing cukup murah. Yaitu sekitar 400 ribu Rupiah sudah termasuk dengan ongkos pendakian dan juga biaya pulang pergi.

Biaya ini tentu saja belum termasuk biaya perbekalan atau kalau kamu mau membeli beberapa makanan dan oleh – oleh sebelum kembali ke kota asal. Sebagai jaga – jaga, jangan lupa untuk membawa uang lebih dalam bentuk cash. Sehingga, jika dibutuhkan kamu tidak perlu kerepotan mencari mesin ATM lebih dulu.

 

Jadi, berencana untuk ekspedisi 3S di liburan berikutnya? Jangan lupa persiapkan semuanya dengan baik ya. Supaya perjalanan pendakian kamu jadi semakin terasa seru. Selamat mendaki!

Tinggalkan Balasan