Gunung Merbabu, Jawa Tengah

Tips Naik Gunung Merbabu Bagi Pendaki Pemula

Indonesia memiliki banyak gunung yang bisa didaki dengan berbagai macam tingkat kesulitan. Sebagian gunung hanya boleh didaki oleh orang yang berpengalaman karena memiliki trek pendakian yang cukup menantang. Sebagian lainnya bisa didaki oleh pendaki pemula karena trek pendakiannya tidak terlalu sulit. Salah satu gunung yang memiliki jalur pendakian yang cukup mudah adalah Gunung Merbabu.

Tapi, meskipun Gunung Merbabu terhitung sebagai gunung yang mudah untuk didaki, tetap saja kamu harus mempersiapkan berbagai hal dengan baik. Apalagi kalau kamu masih terhitung sebagai pendaki pemula. Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum naik Gunung Merbabu bagi pendaki pemula.

 
Memilih Jalur Pendakian Gunung Merbabu

Memilih jalur pendakian juga termasuk hal yang perlu kamu perhatikan saat baru mencoba mendaki sebuah gunung. Ada jalur pendakian yang mudah, jalur pendakian yang menantang, jalur pendakian yang panjang, atau jalur pendakian yang cepat. Kamu bisa memilih jalur pendakian sesuai dengan kondisi kamu.

Beberapa gunung hanya memiliki satu atau dua jalur pendakian yang bisa dipilih. Beberapa lainnya memiliki banyak jalur pendakian untuk dilalui. Gunung Merbabu termasuk gunung yang memiliki banyak jalur pendakian. Salah satu jalur pendakian yang sering dipilih oleh pendaki adalah jalur pendakian Merbabu via Wekas. Jalur Wekas ini juga merupakan jalur yang paling cocok untuk dilalui jika kamu masih tergolong pemula dalam mendaki gunung. Karena jalur ini merupakan jalur pendakian paling cepat untuk menuju puncak Merbabu.

Selain jalur pendakian Wekas, ada juga jalur pendakian via Selo, Boyolali. Jalur pendakian Selo menawarkan keindahan alam yang rupawan sepanjang perjalanan. Di jalur pendakian ini, kamu akan menemukan 2 hamparan sabana yang berada di Pos Sabana I dan Pos Sabana II. Di sini, kamu juga bisa bermalam dan menginap sambil menikmati keindahan alam dan beristirahat sejenak.

 
Persiapkan Mental Selama Pendakian

Kesiapan mental juga merupakan hal yang perlu kamu persiapkan sebelum melakukan pendakian. Meskipun Gunung Merbabu termasuk gunung yang mudah didaki, tapi sering kali perjalanan tidak seindah yang kamu bayangkan. Rasa lelah dan kondisi perjalanan di luar prediksi bisa membuat kesulitan mendaki jadi berkali – kali lipat. Karena itu, pastikan kamu memiliki kesiapan mental yang baik sebelum berangkat.

Dengan kesiapan mental yang baik, kamu bisa lebih siap menghadapi berbagai hal yang terjadi selama pendakian. Kamu juga akan lebih mudah menikmati keindahan alam Gunung Merbabu. Tenang saja, begitu sampai puncak, semua rasa lelah selama perjalanan akan terasa terbayar lunas. Gunung Merbabu memiliki 3 puncak utama yang sayang untuk kamu lewatkan. Yaitu Puncak Syarif, Puncak Triangulasi, dan Puncak Kenteng Songo. Puncak Kenteng Songo adalah puncak tertinggi yang dimiliki Gunung Merbabu. Dari puncak ini, kamu bisa lebih leluasa melihat keindahan alam di sekitar Gunung Merbabu.

 
Perhatikan Peraturan Yang Ada

Hal lain yang perlu kamu lakukan selama pendakian adalah memperhatikan peraturan yang ada di gunung tersebut. Baik sebelum kamu melakukan pendakian, saat kamu melakukan pendakian, dan sesudah kamu mendaki. Beberapa gunung memiliki aturan khusus, yang biasanya akan disampaikan di pos pertama atau saat kamu memproses izin pendakian.

Utamanya, perhatikan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Jangan membuang sampah sembarangan atau meninggalkan barang apapun di jalur pendakian atau di gunung. Kamu bisa menyimpan sampahmu sendiri di tas dan dibuang begitu kamu selesai mendaki dan tiba kembali di pemukiman warga. Membuang sampah sembarangan bisa merusak alam dan bahkan malah membahayakan satwa – satwa liar yang ada disana.

Tinggalkan Balasan