Puncak Mega, Gunung Puntang yang terletak di Kabupaten Bandung

Siap-Siap Packing! Kabupaten Bandung Buka Wisata 6 Juni

Pemerintah Kabupaten Bandung berencana mulai membuka kembali tempat wisata pada tanggal 6 Juni 2020 ini. Hal ini dilakukan setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selesai. Kabupaten Bandung tidak akan memperpanjang masa PSBB Parsial yang sebelumnya telah diberlakukan. Kabupaten Bandung akan disiapkan guna menghadapi masa adaptasi ‘new normal’ atau kenormalan baru di tengah pandemi COVID-19.

Bupati Kabupaten Bandung, Dadang M. Naser, menyebutkan bahwa agar wisata dapat mulai dibuka pada 6 Juni nanti ada beberapa ketentuan yang harus diterapkan.

“Persiapan pariwisata dibuka tanggal 6 Juni, (daerah Jawa Barat) yang lain sudah mulai tanggal 2, kami tanggal 6, (yaitu) Sabtu dan Minggu,” kata Dadang Naser di Bale Sawala, Kabupaten Bandung, Sabtu (30 Mei 2020) sebagaimana dilansir dari Detik.

Lebih lanjut Dadang menjelaskan ketika lokasi wisata resmi dibuka nanti, ada beberapa protokol kesehatan yang harus diberlakukan dan dipatuhi bersama. Hal ini bertujuan untuk mencegah penularan virus Corona di lokasi wisata. Protokol kesehatan tersebut di antaranya yaitu diterapkannya pembatasan jumlah pengunjung yang datang ke destinasi wisata tersebut.yaitu maksimal 30 persen dari kapasitas tempat wisata.

“Pengunjung tempat wisata dibatasi (hanya) 30 persen. Tidak boleh berkerumun, seperti rombongan yang reuni,” ujarnya menegaskan.

Di samping itu, pengelola tempat wisata akan membuat perjanjian terkait penerapan protokol kesehatan dengan Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Bandung. Isi perjanjian tersebut juga mencakup kewajiban tempat wisata untuk menyediakan peralatan kesehatan yang menunjang pencegahan penularan virus Corona.

“Seperti menyediakan alat ukur suhu tubuh, menyediakan masker, hand sanitizer, dan melakukan penyemprotan desinfektan,” katanya lebih lanjut menjelaskan.

Saat ini kondisi pariwisata di Kabupaten Bandung sedang dalam tahapan pemulihan (recovery). Pada masa pemulihan ini, Pemerintah Kabupaten Bandung tidak akan membuka seluruh tempat wisata secara serentak, namun secara bertahap akan melakukan uji coba penerapan protokol kesehatan di beberapa tempat terlebih dahulu sebagai pilot project.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments