Komandan tim Basarnas Surabaya, Suryo, memberi keterangan tentang pendaki yang hilang di Gunung Butak ditemukan tewas

Tim SAR Temukan Pendaki Gunung Butak yang Hilang

Pendaki Gunung Butak, Jopi Pranata, yang Sebelumnya Dikabarkan Hilang Telah Ditemukan Dalam Keadaan Meninggal Dunia

Setelah melakukan pencarian terhadap satu pendaki Gunung Butak yang hilang sejak Jumat (10/4/2020) pagi, tim SAR gabungan akhirnya menemukan titik terang. Pendaki bernama Jopi Pranata (23) warga Jalan Raya Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu yang sempat dinyatakan hilang ditemukan tewas dalam posisi tertelungkup.

Komandan Tim Basarnas Surabaya, Satrio Nuridanto mengatakan, tim pencari gabungan berhasil menemukan jejak pendaki setelah menelusuri petunjuk dari sepatu kanan korban yang sempat ditemukan pada Selasa (14/4/2020) sore. Berdasarkan keterangan Satrio, sebagaimana Penjelajah lansir dari Okezone pada Rabu (15/4/2020) malam, tim gabungan menyebar menelusuri dari tempat penemuan properti korban, hingga akhirnya berhasil menemukan korban dalam kondisi meninggal dunia pada pukul 13.56 WIB. Korban ditemukan (pada arah) 70 derajat dari sepatu kanan dengan jarak 111 meter, setelah sore sebelumnya ditemukan sepatu kanan dan kiri korban tersebut.

Satrio mengungkapkan korban ditemukan saat sejumlah tim dari masyarakat sekitar gunung menemukan sesosok jasad yang tergeletak di tebing yang curam.

“(Sebelum) penemuannya kami mendapat informasi dari warga sekitar, setelah dikroscek ternyata ada kecocokan dengan properti yang ditemukan,” tuturnya.

Pencarian yang telah dilakukan sejak Senin pagi itu, melibatkan personil sebanyak 85 orang dari sejumlah instansi gabungan, mulai dari Basarnas, BPBD Kota Batu, TAGANA, kepolisian, TNI, Perhutani, relawan, hingga masyarakat sekitar.

“Kami melibatkan 5 tim pencarian. Pencarian menyisir di lokasi sekitar jejak-jejak korban, yaitu di sekitar (lokasi) mendekati jalur pendakian ke Gunung Panderman. Total tim SAR gabungan terdiri dari kurang lebih 85 orang,” kata Satrio.

Pendaki Gunung Butak - Panderman yang Hilang Ditemukan Tewas Saksi Sebut Seperti Kesurupan
Pendaki Gunung Butak – Panderman yang sebelumnya hilang, Jopi Pranata, telah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Foto: Malang Times

Saat ini (15 April 2020 malam) jenazah masih dalam proses evakuasi. Itu karena kondisi di atas yang hujan, licin, dengan kemiringan tebing yang curam.

Sebelumnya diberitakan bahwa Jopi Pranata seorang pendaki dilaporkan hilang sejak Jumat pagi 10 April 2020. Ia naik ke Gunung Butak bersama 16 rekannya. Dari keterangan temannya, Jopi diduga hilang kendali secara tiba-tiba dengan cara keluar jalur dan melompat ke semak-semak usai dari pos tiga.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments