Pintu Angin, Gunung Papandayan

Destinasi Wisata Kabupaten Garut Akan Dibuka Besok!

Kabupaten Garut berencana membuka kembali destinasi-destinasi pariwisata untuk publik besok, yaitu pada tanggal 2 Juni 2020 jika tidak ada hambatan atau perubahan keputusan menimbang perkembangan kasus COVID-19. Sebagaimana Penjelajah lansir dari Antara, perihal ini disampaikan oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan. Berdasarkan keterangan Rudy, penegakan protokol kesehatan akan dilakukan bersamaan dengan pembukaan pariwisata di masa pandemi virus Corona (COVID-19) ini. Rencana pembukaan itu disambut banyak pihak, termasuk Badan Promosi Pariwisata Derah (BPPD) Garut.

Ketua BPPD Garut, Rahmat Hadi mengatakan kepada wartawan, sebagaimana dilansir dari Antara bahwa Pemerintah Kabupaten Garut akan memperkuat strategi promosi dengan tetap mengedepankan aturan kenormalan baru atau new normal.

Sebagai langkah awal dalam strategi tersebut, pemerintah Garut akan saling berkoordinasi terlebih dahulu antar dinas terkait untuk menjalankan tatanan kenormalan baru di sektor pariwisata Garut. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan, keselamatan diri petugas dan pengunjung. Menurut Rahmat, kebijakan pemerintah itu akan meningkatkan kembali ekonomi sektor pariwisata yang selama 2 bulan lebih terakhir ini dinilai mengkhawatirkan akibat wabah virus corona (COVID-19).

Pembukaan kembali destinasi pariwisata di Kabupaten Garut juga harus diiringi dengan kepatuhan dan keseriusan seluruh pelaku usaha sektor pariwisata dalam menjalankan protokol kesehatan di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang belum selesai ini. Para pelaku pariwisata tersebut meliputi operator atau pengelola tempat wisata, hotel, restoran, dan semua pihak yang terkait. Asosiasi pariwisata pun diminta memahami betul SOP terkait pencegahan penyebaran virus corona.

 
Gunung Papandayan Juga Termasuk Destinasi Wisata Kabupaten Garut yang Akan Dibuka

Direktur Utama PT Astri Indah Lestari (AIL), Tri Persada, selaku pengelola Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Papandayan menjelaskan bahwa pihaknya siap menjalankan protokol kesehatan di kawasan wisata Papandayan agar memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung saat diberlakukannya new normal dan pembukaan destinasi wisata.

Kebijakan pembukaan kembali destinasi wisata di Garut, menurut Tri, adalah kabar baik yang ditunggu. Hal ini karena telah dua bulan TWA Gunung Papandayan ditutup untuk umum.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments