Social Distancing di MRT Jakarta

Tips Bepergian Dengan Angkutan Umum Saat Wabah Virus Corona

Pada saat terjadinya pandemi virus corona (COVID-19) sekarang, pemerintah menghimbau agar kita semua tetap berada di rumah dan tidak keluar rumah kecuali karena kebutuhan mendesak. Termasuk dalam hal traveling, jika kamu terpaksa keluar dan menggunakan angkutan umum, sebisa mungkin batasi jarak fisik/sosial (physical/social distancing) dalam rentang jarak aman 1-2 meter. Di samping harus membatasi jarak dengan penumpang lain, berikut Penjelajah rangkum beberapa tips bepergian dengan angkutan umum saat wabah virus corona. Lakukan hal berikut untuk mengurasi resiko terpapar virus corona COVID-19.

 
1. Selalu Gunakan Masker yang Menutupi Hidung dan Mulut

Pastikan menggunakan masker saat kamu naik kendaraan umum. Dalam kelangkaan masker grade medis, kamu dapat menggunakan masker kain. Menurut penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Universitas Cambridge setelah merebaknya epidemi flu H1N1 pada tahun 2009 lalu, masker kain dapat menangkap 50% partikel berukuran 0,02 – 1 mikron (yang berarti juga mencakup ukuran corona virus), dibandingkan dengan masker bedah yang mampu menangkap 80%.

 
2. Lapisi Tangan dengan Tisu Saat Berpegangan ke Handrail

Sewaktu bepergian naik kereta, MRT, atau bus dan kamu terpaksa harus berdiri, maka lapisi tangan  kamu dengan tisu ketika berpegangan pada handrail. Lakukan hal ini agar tanganmu tidak terpapar langsung pada virus yang kemungkinan melekat pada pegangan tersebut.

 
3. Bawa Selalu Hand Sanitizer

Mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun lebih baik daripada menggunakan hand sanitizer. Namun demikian, penggunaan hand sanitizer sangat lah praktis, terutama saat traveling yang akan sangat sulit menemukan tempat mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Bersihkan tangan sebelum dan sesudah keluar dari transportasi umum menggunakan hand sanitizer.

 
4. Saat Bersin, Tutup Mulut dengan Tisu

Jika kamu merasa akan bersin, segara tutup mulut dan hidung menggunakan tisu. Lakukan hal ini, agar kamu tidak menularkan penyakit ke orang lain jika ternyata tanpa disadari kamu sedang membawa virus corona tanpa gejala (carrier). Melakukan hal ini berarti kamu telah berkontribusi positif terhadap masyarakat.

 
5. Jangan Tunda Cuci Tangan Saat Sampai di Tujuan, Rendam Pakaian dengan Deterjen dan Mandi Saat Kembali ke Rumah

Saat telah tiba di tempat tujuan, maka jangan tunda untuk mencuci tangan dengan sabun. Seperti disebutkan sebelumnya, walaupun sudah membersihkan tangan dengan hand sanitizer, mencuci tangan dengan sabun tetap lebih baik.

Kemudian, jika kamu telah kembali ke rumah atau tempat tinggalmu, segera rendam atau cuci seluruh pakaian yang kamu kenakan saat keluar rumah dengan deterjen. Lalu mandi menggunakan sampo dan sabun untuk membersihkan tubuhmu.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments