Bayi-di-Alam-Penjelajah-skylarcoonanphotography-com

Tips Traveling Nyaman dan Menyenangkan Bersama Bayi

Traveling memang menyenangkan, apalagi jika bersama orang-orang yang kita cintai. Namun bagaimana ceritanya jika kita jalan-jalan bersama bayi? Traveling bersama bayi tentunya memerlukan persiapan ekstra. Berikut beberapa tips penting agar perjalanan dengan bayi tetap nyaman dan menyenangkan.

Foto utama : skylarcoonanphotography.com

 
Perhatikan Ketentuan Masing-Masing Penyedia Jasa Transportasi

Perjalanan bisa lebih fleksibel jika menggunakan kendaraan pribadi. Namun jika memilih menggunakan kendaraan umum, maka tentunya harus mematuhi ketentuan dari masing-masing penyedia jasa transportasi. Ketentuan traveling bayi menggunakan kereta api pastinya berbeda dengan pesawat. Bahkan ketentuan traveling menggunakan pesawat pun bisa berbeda-beda tergantung ketetapan masing-masing maskapai.

Bayi Traveling Naik Kereta Api - Penjelajah
Bayi Traveling Naik Kereta Api (via ibubahagia.com)

 

 
Amati Kesiapan Fisik dan Kondisi Bayi

Meskipun usia bayi telah melampaui persyaratan masing-masing penyedia jasa transportasi, kita tetap harus mengecek kesiapan fisik dan kondisi bayi. Hindari bepergian jika bayi nampak kurang sehat atau pada kondisi khusus misalnya baru saja di-imunisasi. Lebih baik lagi jika Mama berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak yang menangani si kecil.

 
Pilih Jadwal Perjalanan Sesuai Jam Biologis Bayi

Setiap bayi itu unik. Sebaiknya kenali jam biologis bayi dan pilihlah jadwal perjalanan yang sesuai dengan jam istirahat bayi agar ia tidak rewel selama perjalanan. Penulis sendiri memiliki kebiasaan yang rutin dilakukan menjelang bepergian bersama bayi. Pertama-tama berikan bayi susu dan makanan, kemudian mandikan bayi dengan air hangat sebelum berangkat agar ia rileks. Lalu pakaikan baju yang nyaman dan sesuai. Misalnya, pilih pakaian yang lebih tebal untuk perjalanan malam, dan lebih tipis untuk perjalanan siang agar bayi tidak kepanasan. Tetaplah mengajaknya bermain selama menunggu jadwal keberangkatan. Setelah itu ganti popok bayi tepat sebelum kendaraan berangkat. Tujuannya, agar setelah itu bayi nyaman, mengantuk, dan bisa beristirahat selama perjalanan.

 
Siapkan Dengan Teliti Perlengkapan yang Dibutuhkan

Semua ibu pasti tahu bahwa perlengkapan bayi sangatlah banyak. Namun tidak berarti semuanya perlu dibawa. Gunakan kreatifitas untuk membuat ringkas perlengkapan yang dibutuhkan. Pastikan pula peralatan yang dibawa terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan agar kesehatan si kecil tetap terjaga.

 
Kenali Karakter Lokasi Tujuan dan Pilih Destinasi yang Sesuai

Sebelum memiliki bayi, rasanya semua tempat pantas-pantas saja untuk didatangi. Namun dengan adanya bayi, bertambah pula tanggung jawab kita sebagai orang tua. Apabila bayi masih berusia sangat muda dan belum lengkap imunisasi nya, hindari tempat-tempat wisata yang terlalu ramai. Hindari pula tempat-tempat beriklim ekstrim karena kondisi bayi yang masih rentan. Pertimbangkan pula aspek kemudahan di kota yang dituju (apakah kondisi jalan mulus dan ramah stroller, apakah mudah menemukan nursing room, air panas, dan listrik). Singapura misalnya, dikenal sangat ramah bayi. Jalan dan sarana transportasi disana mudah dilalui stroller. Nursing room yang nyaman serta dilengkapi air panas juga mudah ditemui.

Nursing Room di Singapura - Penjelajah
Nursing Room di Singapura (via thesmartlocal.com)
 
Perhatikan Durasi Perjalanan dan Lama Bepergian

Penulis pernah mendengar kisah orang terdekat yang kehabisan popok bayi di pesawat. Yakinlah itu merupakan mimpi buruk yang tidak ingin kita alami selama liburan ya Mama. Oleh karena itu perkirakan estimasi durasi perjalanan dan lama bepergian, kemudian bawa kebutuhan logistik dalam jumlah yang cukup atau sedikit berlebih. Apalagi jika bayi hanya bisa menggunakan merk popok atau susu tertentu yang bisa jadi sulit ditemukan diperjalanan atau lokasi destinasi yang dituju.

 
Rileks dan Nikmati Momen. Bernyanyilah Ma!

Hasil penelitian Paul dan Tania Wilson dari Calm Centre menyatakan bahwa bayi merasakan apa yang Mama rasakan. Karena itu Mama perlu tenang dan rileks sepanjang perjalanan. Lagipula masa kecil begitu cepat berlalu. Mari nikmati momen traveling bersama bayi, ajak ia bermain, bernyanyi, dan tertawa diperjalanan. Niscaya hal ini akan menjadi hal indah untuk dikenang.

 

Begitulah kira-kira tips lengkap traveling nyaman dan menyenangkan bersama bayi. Satu hal yang perlu kita ingat adalah, memiliki bayi merupakan karunia terbesar yang patut disyukuri. Sehingga meskipun terkadang repot dan lelah, traveling bersama bayi akan selalu membahagiakan. Yuk jalan-jalan! 🙂

Penjelajah Logo  PENJELAJAH COMMUNITY
Subscribe & Gabung Komunitas Penjelajah, yuk!

Subscribe untuk menerima notifikasi kabar terbaru, info promo, dan lainnya melalui email. Pastikan kamu juga registrasi untuk bergabung dan berbagi info serta cerita petualangan dengan sesama petualang lainnya di Penjelajah Community!

Invalid email address
Kami tidak akan mengirimkan spam. Kamu dapat unsubscribe kapan saja.
Loading...

Tinggalkan Balasan